Tuesday, 25 September 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kripik Tahu 3 Puteri, Andalan Kabupaten Kediri

Kabupaten Kediri tak asing lagi dengan tahu sebagai makanan khas. Tak hanya digoreng atau dimasak menjadi berbagai olahan makanan, tahu juga dapat diolah menjadi kripik yang sangat lezat dan cocok untuk cemilan sehari-hari.

tahu 1

Salah satu kripik tahu andalan Kabupaten Kediri adalah kripik tahu yang diproduksi oleh Kristianti. Ibu satu anak ini melabeli produknya dengan nama “3 Puteri”, yang berarti tiga bersaudara perempuan. Produksi kripik tahu tersebut sudah ia tekuni selama empat tahun. “Awal usaha ini karena ibu saya membuat tahu, dan suami saya yang menjualnya. Kemudian saya juga ingin mengolahnya, jadilah kripik ini,” ujar perempuan asal Semanding Tawang Kecamatan Wates tersebut.

Untuk menghasilkan kripik dengan cita rasa dan kualitas yang baik, Kristianti menggunakan tahu yang masih baru. Ia pun menjamin hanya menggunakan tahu murni, tanpa campuran bahan lain, seperti tepung. Bahan baku ia dapatkan dari wilayah Kabupaten Kediri dan Tulungagung. Awal memproduksi kripik tahu, ia hanya dibantu oleh suami dan orang tuanya. Namun seiring berkembangnya usaha, kini Kristianti memiliki 9 karyawan.

tahu 2

“Untuk proses pembuatannya, yang pertama tahu ditiriskan, kemudian digiling halus, dicetak bulat-bulat, terakhir dipotong untuk membalikkan bentuk, selanjutnya digoreng, terakhir dispinner atau ditiriskan minyaknya,” katanya kepada Tim Kominfo, (13/6).

Proses pembuatan kripik dari membuat tahu hingga pengemasan memerlukan waktu hingga 2 hari. Tak hanya di wilayah Kediri, kripik ‘3 Putri’ ini juga diminati banyak konsumen hingga luar kota seperti Malang dan Surabaya. Harganya pun terjangkau, mulai Rp. 12.000 untuk kemasan 140 gram, Rp. 20.000 untuk kemasan 250 gram, dan Rp. 40.000 untuk kemasan 500 gram. Banyak sekali yang menggemari makanan ringan ini karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah.

tahu 3

Selain dipromosikan di pameran pada event Kab. Kediri, kripik ini juga dijual di pusat oleh-oleh GTT, Gokil serta dipasarkan secara online. Bagi Anda yang ingin memesan kripik tahu untuk cemilan atau pun oleh-oleh keluarga, bisa menghubungi Kristianti di no. 085 655 771 757, atau lewat akun FB: Kris Tianti, dan Instagram: @kris.tianti.904 (Kominfo/daw,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner