Thursday, 16 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kewajiban Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan

Pemerintah Kabupaten Kediri kembali menggelar kegiatan pembinaan mental yang rutin diadakan setiap satu bulan sekali. Kali ini kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Bagawanta Bhari, Senin (4/6). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan materi yang memberikan nilai-nilai positif yang bisa memberikan optimisme dan perilaku yang baik bagi seluruh peserta.

mentalan 1

Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, M.M, Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri H. Supoyo, SH. M.Si, Ketua MUI Kab. Kediri KH. Imam Sanusi, Dirut Aswaja Center, David Fuadi, para Kepala SKPD se-Kabupaten Kediri serta para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kab. Kediri.

Kegiatan dimulai pukul 07:00 WIB, seluruh peserta mulai memadati Gedung Bagawanta Bhari. Mengingat kegiatan kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, tema tausyiah yaitu “Kewajiban Puasa Ramadhan”. David Fuadi menyampaikan sebagai orang muslim yang beriman, kita diwajibkan untuk berpuasa sesuai dengan QS. Al Baqarah ayat 183, yang bunyinya “Yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba 'alaykumu alshshiyaamu kamaa kutiba 'alaa alladziina min qablikum la'allakum tattaquuna”. Artinya, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa,” jelasnya.

mentalan 2

Tidak hanya berpuasa, banyak lagi amalan yang dijadikan perhitungan nantinya sebelum manusia berada di ahkirat. “Sekarang ini kita berada di alam dunia. Setelah ruh kita diambil atau meninggal dunia selanjutnya kita berada di alam barzah atau alam kubur. Di alam kubur kita akan ditanya dan diperiksa oleh malaikat munkar dan nakir amal perbuatan saat pertama kali di alam kubur. Oleh karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh rahmat dan hidayah dari Allah, sebaiknya kita berlomba-lomba dalam kebaikan baik itu beribadah maupun amal sholeh,” imbuhnya.

mentalan 3

Para peserta terlihat antusias dan serius mendengarkan tausyiah yang disampaikan. Walaupun sebagian besar ASN yang mendatangi acara ini dalam keadaan berpuasa, mereka tetap bersemangat dan mengikuti acara sampai selesai. (Kominfo/dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner