Thursday, 16 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Jadikan Al Qur’an Penuntun Hidup Dunia Akhirat

Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, karena bulan ini memiliki beberapa keutamaan. Salah satu keistimewaannya, Ramadhan adalah bulan saat Al Qur’an diturunkan, atau kita kenal dengan Nuzulul Qur’an.

quran 1

Di Kabupaten Kediri, peringatan Nuzulul Qur’an dipusatkan di Pendopo, Kamis (31/6) malam. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM, Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Kediri serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Peringatan nuzulul Qur’an ini adalah dalam rangka mengkaji ulang pada diri sendiri, apakah Al Qur’an sudah menjadi pedoman dan pengarah hidup kita. Jadi mari kita kembali pada Al Qur’an, mempelajari, menghayati dan menjadikannya akhlak kita sehari-hari,” kata Wabup Masykuri. Beliau berharap, peringatan ini menjadi momentum untuk melakukan instropeksi dan menjadikan Al Qur’an sebagai penuntun hidup di dunia dan akhirat.

quran 2

Bertindak sebagai penceramah pada kegiatan ini adalah Ketua PCNU KH. Moh Maksum. Ia menyampaikan bahwa Al Qur’an turun di bulan Ramadhan pada malam lailatul qadar, dibawa Malaikat Jibril dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah, kemudian disampaikan ke Rasulullah secara bertahap selama 23 tahun.

“Hikmah penting dari peristiwa nuzulul Qur’an ini, kita diberi Allah kitab suci yang seharusnya kita jadikan imam. Seperti sabda Rasulullah, barangsiapa berpegang pada Al Quran, dia akan menuntunnya ke surga. Dan barang siapa yang berpaling dari Al Qur’an, maka akan menuntunnya ke neraka,” terangnya.

quran 3

KH. Moh. Maksum pun menegaskan bahwa diturunkannya Al Qur’an adalah sebagai petunjuk bagi manusia, dan menjelaskan petunjuk itu sendiri. Al Qur’an juga sebagai obat dari segala penyakit, baik yang terlihat maupun tak terlihat. (Kominfo/tee,fz,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner