Thursday, 16 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Peran Perempuan Muslim

Tiap jaman selalu ada pembahasan perempuan. Ada jaman yang mengecilkan arti kaum perempuan, ada fase perempuan dipuja-puja dan ada fase emansipasi, dimana peran perempuan setara dengan laki-laki.

cantik 4Demikian disampaikan Ir. Yusuf Darmanto pada acara Pondok Ramadhan di Pendopo Kab. Kediri, Senin (28/5). Ratusan ibu-ibu hadir di acara yang rutin digelar TP PKK Kabupaten Kediri tiap bulan Ramadhan ini.

Lebih lanjut Ir. Yusuf Darmanto menjelaskan ada tiga peran yang harus ikhlas dijalani perempuan muslimah. Tiga peran itu yaitu sebagai istri, sebagai madrasah awal dan sebagai ibu. “Peran muslimah yang pertama adalah sebagai istri, untuk mendampingi suami. Ada kata-kata, di balik suami yang sukses, ada istri yang hebat,” terangnya.

cantik 2

Peran muslimah kedua adalah sebagai madrasah awal, yaitu memberikan pendidikan pada anak-anan untuk pertama kali. Yang ketiga adalah peran sebagai ibu, dan ini agak berat. Terlebih di era gadget saat ini, pendidikan harus benar-benar ditata dan dipersiapkan, karena pergadgetan sudah masuk di semua lini kehidupan.

“Dari penelitian, dalam kehidupan muda-mudi saat ini ada bullying, narkoba, pergaulan bebas, tawuran, aborsi dan lain sebagainya. Ini menjadi PR kita semua, menjadi tugas kita untuk mengawal mereka agar tidak semakin terjerumus dalam hal-hal yang merugikan, yang tidak diridhoi Allah SWT,” lanjutnya.

cantik 1

Dosen Filsafat Uniwa ini juga menerangkan perempuan yang ikhlas dengan perannya juga harus memiliki bibir, mata, tangan dan kaki yang cantik. "Bibir cantik adalah ketika seorang perempuan menuturkan kata-kata baik dan ucapan santun. Allah pun dengan tegas menyatakan bahwa ciri hamba-Nya yang baik adalah mereka yang baik ucapannya,” kata Yusuf Darmanto.

Yang kedua, perempuan cantik adalah memiliki mata yang indah. “Perempuan yang ikhlas dengan tiga perannya harus mempunyai mata yang indah, yaitu mata yang digunakan untuk hal-hal yang diridhoi Allah dan Rasul. Yaitu mata yang tidak digunakan untuk bermaksiat,” tegasnya.

cantik 3

Yang ketiga, tangan cantik adalah tangan yang membantu menolong sesama muslim serta bersedekah dan berzakat. Dan yang keempat, kaki yang cantik adalah untuk melangkah dalam mendatangkan ridho Allah. (Kominfo/tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner