Tuesday, 16 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pendampingan Psikososial, Libatkan Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana

Setelah beberapa hari yang lalu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri melaksanakan pelatihan Pendampingan Psikososial pasca bencana di wilayah barat sungai, pelatihan tersebut juga diberikan kepada masyarakat di wilayah timur Kabupaten Kediri, mulai tanggal 22 sampai 24 Mei 2018 bertempat di Ruang Rapat Kilisuci Pemerintahan Kabupaten Kediri.

psikosos 3

Sebagaimana kita ketahui untuk wilayah timur tersebut ada ancaman bencana yaitu erupsi Gunung Kelud. Pelatihan diikuti oleh 40 peserta dari 8 desa yaitu Desa Sempu, Desa Sugihwaras, Desa Sepawon, Desa Puncu, Desa Siman, Desa Kebonrejo, Desa Mlancu, dan Desa Medowo.

Pelatihan bertujuan agar peserta mampu memberikan pertolongan psikososial bagi korban becana alam. Para peserta yang notabene para penggiat bencana diharapkan memiliki bekal atau keahlian bilamana ada korban bencana yang mengalami trauma pasca bencana.

psikosos 4

Oleh sebab itu BPBD Kabupaten Kediri memfasilitasi pelatihan pendampingan psikososial pasca bencana dengan menghadirkan fasilitator dari Psikolog layanan Geofira Sidoarjo yaitu Ibu Riza Wahyuni, S. PSi. MSi. yang sudah ahli dalam bidang penanganan trauma atau psikis korban pasca bencana.

Tidak hanya memberikan materi, fasilitator juga memberikan simulasi kejadian bencana yang diperagakan oleh peserta pelatihan. Selanjutnya para perserta juga menyimak tausiyah yang disampaikan oleh Ust. Imran Muzakki, S.Psi, M.Ag tentang keikhlasan dalam membantu korban bencana alam.

psikosos 1

Harapan kedepan agar warga semakin tangguh dan turut serta dalam pelaksanaan penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Salam Tangguh Salam Kemanusiaan.

banner