Thursday, 16 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Manfaat Sumber Air Untuk Mancing dan Pengairan Sawah

sendang 1

Kabupaten Kediri memiliki banyak sekali sumber air dengan berbagai macam manfaat bagi makhluk hidup di sekitarnya. Seperti di Kecamatan Grogol, oleh masyarakat disebut dengan Sendang Sumberagung. Sumber air yang terletak di Desa Sonorejo ini sangat bermanfaat bagi warga, untuk mengairi persawahan di sekitarnya dan tidak sedikit pula yang memanfaatkannya sebagai arena memancing ikan.

Begitu masuk lokasi sendang, sangat terasa suasana asri, rindang dan sejuk. Bagaimana tidak, sendang ini dikelilingi oleh tanaman seperti trembesi sebagai penyimpan cadangan air dalam tanah. Untuk komoditi utama pertanian di desa ini adalah padi dan jagung.

sendang 2

Menurut Aksanul Sholikin warga sekitar yang juga ketua Gapoktan Makmur Bersama mengatakan, sebenarnya sendang ini digunakan sebagai tempat pemancingan dan pernah ditaburi benih ikan. Karena terkendala suatu hal akhirnya tidak terawat dan banyak sekali terdapat eceng gondok.

“Lama-kelamaan ikan yang pernah ditabur tersebut berkembang biak dengan sendirinya. Setiap hari pagi ataupun sore hari warga mencari ikan di tempat ini. Jenis ikannya nila, mujair, wader, lele dan lain sebagainya. Untuk eceng gondok yang tumbuh liar disini oleh warga digunakan sebagai makan ternak. Walaupun diambil setiap hari eceng gondok ini tidak akan pernah habis,” kata Aksanul kepada Tim Kominfo, (9/5).

sendang 3

Luas sendang ini adalah 2,5 Ha, bisa untuk mengairi sawah 2 kelompok tani yaitu Makmur Bersama dan Pari Kesit. Walaupun musim kemarau tiba, debit air di sendang ini tidak akan pernah surut. Dari luas wilayah pertanian 132 Ha, yang mendapat suplai dari sendang ini mencapai 57 Ha. “Pesan saya kepada masyarakat agar selalu menjaga kelestarian tanaman di sekitar sumber air, agar dapat terus bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat,” imbuh Aksanul. (Kominfo/lks,dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner