Monday, 17 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tumbuhnya Sektor Ekonomi Kreatif Turunkan Angka Kemiskinan

Sektor ekonomi kreatif berkembang pesat di wilayah Kabupaten Kediri dalam waktu belakangan ini. Peningkatan signifikan dapat dirasakan pada sektor pariwisata dan perkembangan UMKM. Data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Kediri, penerimaan PAD dari sektor pariwisata pada tahun 2017 meningkat sebesar 1.5 M. Hal ini berpengaruh juga pada perkembangan sektor UMKM dan sektor pertanian, dimana banyak tumbuh pelaku UMKM baru serta meningkatnya pendapatan petani hortikultura serta munculnya petani organik di Kabupaten Kediri.

misk3

Tumbuhnya sektor-sektor tersebut berpengaruh terhadap meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan juga penurunan angka kemiskinan. Sesuai data Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, pada tahun 2015 tercatat jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kediri 199.380 jiwa (12,91%). Pada tahun 2016, penduduk miskin di Kabupaten Kediri mengalami penurunan yakni 197.430 jiwa (12,72%). Pada tahun 2017, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kediri terus mengalami penurunan, menjadi 191.080 jiwa (12,25%).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Sugeng Waluyo melalui Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri menjelaskan bahwa terkait dengan pendataan masyarakat miskin, Kemensos masih mengupload data melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) yang bertujuan untuk meminimalisir inclusion error seperti warga yang mampu tetapi mendaftar mendapat bantuan, sedangkan yang seharusnya mendapat bantuan justru tidak menerima.

Selain itu aplikasi ini juga dapat menemukan data kependudukan lain misalnya pindah tempat, data ganda, meninggal dunia dan data-data lain. Berdasarkan pertumbuhan di berbagai sektor serta penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kediri dari tahun ke tahun, menjadi bukti bahwa kinerja Pemerintah Kabupaten Kediri mengalami peningkatan. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

banner