Monday, 10 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Jaga CFD Tetap Nyaman dan Damai

Hari bebas kendaraan bermotor atau lebih sering disebut dalam bahasa Inggris Car Free Day (CFD) merupakan kegiatan yang diselenggarakan di jalan utama kota-kota besar dan dilaksanakan pada hari Minggu. Tujuan utamanya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor.

cfd 1

Manfaat kegiatan ini adalah untuk berolahraga, meluangkan waktu berkumpul dengan keluarga, mengurangi dampak polusi dari kendaraan bermotor serta bermanfaat bagi pelaku ekonomi mikro yaitu pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sepanjang jalan.

Akan tetapi dengan memanasnya isu politik, akhir-akhir ini tujuan dan manfaat CFD sendiri dicederai dengan kegiatan bernuansa politik yang dilaksanakan kurang bersahabat dan provokatif sehingga menyebabkan kenyamanan pengunjung yang datang menjadi terganggu.

cfd 2

Tidak ingin hal tersebut terjadi pada CFD yang diselenggarakan di sepanjang Jl. PB Sudirman Kec. Pare, Kab. Kediri, paguyuban kelompok PKL melarang kegiatan apapun yang dapat merusak suasana damai dan mengarah ke kegiatan politik yang bersifat provokatif.

Budi salah satu pedagang menyampaikan harapannya agar tidak ada kegiatan apapun yang dapat mengganggu kenyamanan dan suasana damai, sehingga kondisi di CFD tetap kondusif. “Apabila pengunjung yang datang merasa kurang nyaman, mereka segera meninggalkan lokasi sehingga lokasi menjadi sepi. Hal ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada pendapatan kami, dikarenakan sepi pembeli yang pulang lebih awal,” terangnya.

cfd 3

Sama seperti pelaksanaan CFD sebelumnya, hari Minggu (6/5) itu Jl. PB Sudirman dipenuhi masyarakat yang mengisi hari libur dengan beragam aktivitas, seperti jalan sehat, lari pagi bersepeda dan skateboard. Yang berbeda adalah pemasangan bando berisi larangan kegiatan politik yang menimbulkan provokatif. Semoga suasana aman, nyaman dan damai senantiasa menyelimuti Kediri Bumi Panji. (Kominfo/dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner