Saturday, 20 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Sate Bekicot, Primadona Kuliner Pasar Tugu

sate 1

Berkunjung ke Monumen Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri tentunya kurang lengkap jika Anda tidak jalan-jalan ke area Pasar Tugu. Ya, pasar yang mulai buka pukul 16.00 WIB ini menjual aneka kuliner di kawasan Simpang Lima Gumul. Sambil jalan- jalan menikmati sore, tentunya juga dengan berburu kuliner legendaris ala Kabupaten Kediri.

Salah satu kuliner primadona wisatawan lokal maupun luar daerah adalah sate bekicot. Binatang yang sering kita jumpai baik di area persawahan maupun di rawa ini, ternyata setelah diolah dijadikan sate cukup laris. Terlebih dengan harganya yang relatif terjangkau. Hanya dengan uang Rp. 10 ribu, Anda sudah bisa membeli sate bekicot di area Pasar Tugu. Lebih tepatnya di lapak bu Mus, salah satu penjual yang telah mengolah sate bekicot dan dipasarkan di area Pasar Tugu ini sejak tujuh tahun yang lalu.

sate 3

Selain menjual sate bekicot, ada beberapa aneka olahan kuliner tradisional yang juga disediakan seperti klepon dan cenil lopis. Jajanan tradisional seperti ini memang sudah jarang ditemui di perkotaan. Tapi jika Anda ingin menikmati jajanan ini sambil mengenang masa kecil, tidak ada salahnya untuk membeli klepon ataupun cenil lopis. Olahan yang berbahan dasar ketan, gula merah dan campuran parutaan kelapa ini juga masih cukup digemari.

Bu Mus mengatakan setiap hari bisa menjual sekitar 45 porsi sate bekicot dan 65 bungkus cenil lopis dan klepon. “Kalau akhir pekan omzetnya bisa bertambah,” katanya sambil tersenyum. Ia merasa bersyukur kawasan Simpang Lima Gumul kerap dijadikan lokasi penyelenggaraan even-even Pemkab Kediri maupun swasta, jadi semakin banyak masyarakat yang berkunjung ke Pasar Tugu.

sate 2

Intan Gustin, warga Desa Sambi Kecamatan Ringinrejo mengatakan ia sering menghabiskan waktu bersama keluarganya di area SLG dan mampir ke Pasar Tugu. “Kalau akhir pekan sering kesini untuk beli sate bekicot, sambil olah raga sore dengan suami dan anak saya,” katanya. (Kominfo/evy,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner