Tuesday, 16 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Digital Painting, Jadikan Foto Kenangan Lebih Berkesan

Kreatifitas tak mengenal batas. Kreatifitas bisa ditingkatkan jika seseorang mau belajar dan terbuka dengan segala hal, termasuk perkembangan teknologi. Hal ini pula yang dilakukan Lambang Cahya Prasetya, seorang pemuda yang menekuni usaha lukisan digital painting. Beragam karya artistik telah ia buat, mulai dari foto pribadi, tokoh idola, pemandangan alam, hingga scene film.

lambang 1

Ketertarikan Lambang berawal ketika ia tergabung dalam komunitas fotografi. Dari sering ngobrol, main bareng, dan sharing, ia pun belajar smudge painting. “Jadi digital painting ini menggunakan teknik smudge painting, mbak. Foto dimasukkan photoshop, diatur dulu komposisi, warna, tone dan sebagainya. Setelah dirasa sesuai, baru kita olah dengan smudge tool. Hasil akhir seperti lukisan, tapi menggunakan teknik digital,” terangnya pada Kominfo, (4/5).

Menurut Lambang, digital painting mulai berkembang sekitar tahun 2008. Sebagian besar pelaku seni ini berawal dari hobi fotografi. Di Kediri, komunitas digital painting beranggotakan 20 orang. Bersama teman-temannya, Lambang pun kerap mengikuti pameran untuk memperkenalkan kreasinya pada masyarakat luas. Kemampuannya pun makin terasah ketika mendapat pesanan dari para konsumen. Tidak hanya di Kabupaten Kediri dan sekitar, pemuda asal Mojo ini juga mengikuti pameran hingga Surabaya dan Bali. Terakhir, ia berkesempatan mengikuti Inacraft April lalu di Jakarta Convention Center.

lambang 2

“Setiap ada pameran selalu diinformasikan ke semua anggota untuk bisa mengikutsertakan karyanya. Namun tetap ada kurator yang menyeleksi mana karya yang layak untuk dipamerkan, marketable dan sesuai tema,” lanjutnya.

Harga lukisan digital painting beragam, tergantung dari kesulitan obyek yang dilukis dan ukuran. Sedangkan media yang digunakan berupa kanvas, kayu janda dan kayu jati belanda. Hasil digital painting tak hanya didominasi oleh hiasan yang dipajang di dinding, namun Lambang juga mengembangkannya dengan membuat totebag, hiasan meja, vandel dan jam dinding

lambang 3“Selain ingin mengabadikan foto kenangan, banyak konsumen yang memesan digital painting sebagai hadiah dan suvenir. Saya bersyukur makin banyak orang yang mengenal, mengapresiasi dan mempercayakan foto mereka untuk kami buat digital painting,” tambah mahasiswa STAIN Kediri tersebut.

Anda tertarik? Intip koleksi karya Lambang di akun instagram: @galeric59. Atau hubungi nomor 082 332 222 159. (Kominfo/tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner