Thursday, 16 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Wisata Tipis-Tipis di Sumber Complang Pranggang

Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklaten, memiliki satu potensi wisata yang belum banyak dikenal masyarakat. Lokasi tersebut adalah sebuah sumber air yang memiliki debit air cukup besar dan selama ini difungsikan sebagai irigasi.

complang 1

Adalah Sumber Complang. Bentuknya seperti danau kecil dengan sebuah pulau di tengahnya. Sumber air ini tidak jauh letaknya dari Sumber Ubalan yang lebih dulu terkenal. Sejak dulu air dari sumber ini selain irigasi juga difungsikan sebagai pemasok kebutuhan air bersih PDAM Kota Kediri.

Cukup mudah mencapai tempat ini karena mudah dijangkau alat transportasi. Tepatnya di belakang Balai Desa Pranggang, Plosoklaten sejauh 100 meter. Pemandangannya indah, suasana sejuk semilir angin, cocok untuk melepas penat atau menepi dari hiruk pikuk kota.

complang 2

Kepala Dusun Pranggang, Sahrul, menceritakan nama Sumber Complang oleh para pendahulu Desa Pranggang disematkan karena sumber air ini muncul dari daerah complangan. Atau dalam Bahasa Indonesia disebut daerah cekungan.

"Disini sering jadi jujugan masyarakat untuk wisata tipis-tipis. Ngisis cari inspirasi,” jelasnya sembari tertawa. Wisata tipis-tipis yang dimaksud adalah wisata yang ringan biaya karena tidak ada parkir maupun tiket masuk lokasi ini.

Sahrul menambahkan, biasanya karang taruna melepas bibit ikan disini lalu bila sudah besar untuk acara mancing bersama. “Uang hasil mancing bisa buat kas. Biasanya setahun dua kali. Ramai sekali waktu mancing, tanpa promosi dan publikasi pasti penuh pehobi mancing di lokasi ini,” terangnya kepada Kominfo, Minggu (29/4).

complang 3

"Para anggota Pramuka juga sering kemah di lokasi ini. Kalau akhir pekan jadi rest area komunitas sepeda karena banyak warung makan. Bisa leren sembari ngopi di tepi sumber. Atau memberi makan ikan di sumber,” jelasnya.

Beberapa perawatan juga dilakukan warga bersama perangkat desa. Seperti penghijauan dan pembenahan tanggul. “Penghijauan dengan ditanami trembesi mas, biar bisa menjaga debit sumber. Alam sudah demikian baik memberi kepada kita, sudah selayaknya kami merawatnya,tandasnya. (Kominfo/yda,dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner