Thursday, 16 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Nostalgia di Pemandian Corah Pare

Kabupaten Kediri memiliki beragam destinasi wisata. Mulai wisata alam, wisata religi, wisata budaya, wisata edukasi bahkan kuliner tersedia di Bumi Panji Kediri. Salah satunya adalah Pemandian Corah.

cor 1

Lokasinya berada di Kelurahan Pare, Kecamatan Pare. Tepatnya di pinggir jalan raya Letjen Sutoyo, ruas penghubung Pare - Malang. Atau bila ditempuh dari Simpang Lima Gumul sekira 30 menit. Bila akhir pekan, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Pemandian ini pada dasarnya merupakan sumber air yang cukup deras debit airnya. Peruntukannya kini digunakan sebagai PDAM guna mencukupi kebutuhan air bersih warga Pare. Kendati demikian, masih cukup pula untuk kebutuhan kolam renang dan pengairan lahan pertanian.

cor 2

Terdapat dua kolam renang di Pemandian Corah, yakni kolam renang dewasa dan anak. Pada kolam renang anak dilengkapi pula area permainan air dan water bom. Sedangkan pada kolam renang dewasa sudah memenuhi standar untuk lomba renang tingkat nasional.

Nia, salah satu warga sekitar, menceritakan dulu dekade 80an dan 90an, pemandian ini menjadi destinasi favorit menghabiskan waktu liburan. Selain kolam renang, terdapat pula panggung kesenian dan gedung bioskop.

corah 3

“Banyak acara yang digelar disini. Pertunjukan dangdut sampai mendatangkan artis ibukota. Seperti Evi Tamala dan Ike Nurjanah pernah menghibur di Pemandian Corah. Waktu itu saya masih SD,” jelas ibu 32 tahun ini kepada Kominfo (23/4).

Kini destinasi wisata ini dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri. Beragam upaya dilakukan guna meningkatkan jumlah kunjungan. Perawatan digiatkan kembali. Selain itu event lomba renang tingkat provinsi diadakan guna mengenalkan Pemandian Corah ke generasi muda. (Kominfo/yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner