Thursday, 16 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Ayo, Teladani Semangat Perjuangan Kartini

up dalem pojok

Hari ini 21 April 2018 merupakan peringatan Hari Kartini. Beragam cara masyararakat Indonesia memperingati sang pejuang emansipasi wanita ini. Salah satu yang menarik adalah upacara peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan di Situs Bung Karno Dalem Pojok, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Sabtu (21/4).

Para peserta yang terdiri dari warga sekitar mengikuti upacara dengan sederhana. Bila pada umumnya upacara berpakaian dengan seragam namun kali ini cukup unik karena menggunakan pakaian adat jawa. Kendati demikian tidak mengurangi kekhidmatan dalam pelaksanaan upacara.

up dalem pojok 2

Menjadi unik lagi adalah selain menyanyikan Indonesia Raya juga dinyanyikan lagu Indonesia Raya lengkap stanza 2 dan 3. Dimana biasanya kita hanya menyanyikan stanza 1 yang sebetulnya merupakan pembuka lagu Indonesia Raya karya WR Supratman.

Pengurus Situs Bung Karno Dalem Pojok, Kushartono, menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dari upacara Hari Kartini ini adalah bagaimana kita mengambil api semangat dari perjuangan RA Kartini. Selain itu juga bagaimana kita membangun nasionalisme dari sisi sudut pandang sederhana.

up dalem pojok 3

"Kartini jangan hanya pakaian kebaya saja yang kita contoh saat peringatan Hari Kartini. Namun spirit perjuangannya dalam memperjuangkan kesetaraan hak wanita,” jelasnya.

“Kartini juga harus kita teladani semangat kemanusiaannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti keberpihakan kepada mereka yang tidak mampu agar dapat setara mendapat pendidikan sehingga menjadi bekal saat dewasa nanti,” tambahnya. (Kominfo/yda,uus,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner