Monday, 22 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Plemahan Siap Bersaing di Lomba Desa Tahun 2018

Kunjungan lapang tim penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kediri berlanjut. Usai berkunjung ke Desa Gambyok kemarin, hari ini Selasa (10/4) tim melakukan penilaian ke Desa Plemahan Kecamatan Plemahan. Rombongan diterima Camat Plemahan Gembong Prajitno, SE dan Kades Plemahan Hj. Sudjiati beserta perangkatnya.

plemahan 1

Kepada tim penilai, Gembong Prajitno mengungkapkan apresiasinya atas terpilihnya Desa Plemahan mengikuti lomba desa di tingkat kabupaten. Namun meski tidak ada penilaian, ia yakin pemerintahan di Desa Plemahan tetap berjalan baik dan tertib, didukung dengan pemberdayaan masyarakat yang luar biasa.

"Melihat warga yang turut hadir di tempat ini, saya merasa bangga. Ini menunjukkan kepedulian njenengan semua terhadap apapun yang ada di desa ini, termasuk berjalannya pemerintahan desa dan program-program yang dilaksanakan. Kepedulian, kekompakan, kebersamaan serta saling support inilah yang menjadi kekuatan masyarakat Desa Plemahan,” katanya.

plemahan 2

Senada dengan Camat Gembong, Kades Plemahan Hj. Sudjiati juga mengungkapkan bahwa kekompakan dan kebersamaan warganya sangat bagus. “Tak hanya yang tua, mereka yang masih muda pun mendukung. Seperti keterlibatan karang taruna dalam program-program desa. Contohnya, mereka dengan suka rela ikut mensosialisasikan pentingnya hidup sehat dan menjemput lansia untuk dibawa ke posyandu lansia,” terangnya.

plemahan 3

Terdiri dari empat dusun, tercatat Desa Plemahan berpenduduk 4.737 jiwa. Dengan luas desa 504 hektar, 370 hektar diantaranya merupakan lahan pertanian. Mayoritas warga bermata pencaharian sebagai petani dan banyak diantara mereka yang juga menjadi pengrajin batu bata merah. Sementara produk UMKM yang menonjol adalah kue kering yang telah dipasarkan lintas provinsi.

plemahan 4

Tim kemudian melakukan verifikasi baik secara administrasi maupun terjun langsung ke lapangan, untuk melihat dan menilai Desa Plemahan dari sisi pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, pembangunan maupun kesehatan. Kembali disampaikan bahwa rincian hasil penilaian akan dilakukan setelah verifikasi rampung di semua peserta lomba desa, sekaligus penentuan juara 1 hingga juara 4. Nantinya, juara 1 akan diikutsertakan mengikuti lomba desa tingkat provinsi. (Kominfo/tee,ans,tj,wk)

banner