Tuesday, 19 June 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Pengusaha Pemula

Berbicara mengenai laporan keuangan, pastinya tidak jauh dengan kegiatan yang berkaitan dengan keuangan atau kegiatan usaha. Terkadang setiap orang senang menunda-nunda dalam pembuatan laporan keuangan. Hal tersebut dikarenakan pengaruh rasa malas, terlalu fokus dengan produksi usaha, waktu, dan ketidakpahaman tentang akuntansi.

hipmi 2

Namun, hal tersebut justru membuat usaha tidak berjalan dengan baik, dikarenakan laporan keuangan merupakan suatu final dari sebuah usaha. Memperhatikan kondisi tersebut, Ketua Bidang Ekonomi Kreatif HIPMI Kabupaten Kediri Eggy Adityawan berinisiatif mengadakan satu acara “Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan” pada Kamis, tanggal 29 Maret 2018.

Acara yang berlokasi di Fresh Coworking Space ini diikuti sekitar 40 peserta yang terdiri dari para pelaku UKM. Hadir bersama mereka pengurus Fresh Coworking Space Nur Cahya Utama, dan pemateri dari Szeto Consultans Jakarta. Materi tentang pembuatan laporan keuangan dijelaskan secara gamblang oleh pemateri kepada para peserta.

hipmi 4

Melatih para UKM untuk membuat laporan keuangan yang mudah serta memberi ilmu baru mengenai konsultasi secara online melalui software dari SAC menjadi tujuan utama diadakan acara tersebut.

“Berdasar data, para UKM Kabupaten Kediri cenderung lebih fokus ke pemasaran dan produksi, jadi pembuatan laporan keuangan sering disampingkan,” ujar Nur Cahyo Utama.

hipmi 3

Antusias peserta pun terlihat dari awal hingga akhir acara. Salah satu peserta yaitu Ika sangat antusias dan merasa sangat terbantu dengan adanya acara tersebut untuk pembuatan laporan keuangan usahanya saat ini.

“Saya ikut acara ini karena ingin menambah ilmu tentang penulisan laporan keuangan dan pastinya setelah ini saya akan membuat dari awal biar lebih terperinci,” kata wanita pemilik usaha Kedai Mie tersebut.

hipmi 1

Akhir acara ini diisi dengan kegiatan tes membuat jurnal atau laporan keuangan dari soal yang telah diberikan oleh panitia. Secara berkelompok, seluruh peserta saling berdiskusi dengan penuh semangat mengerjakan soal tersebut untuk belajar sebelum membuat laporan keuangan untuk usaha mereka masing-masing. (Kominfo/daw,fz,dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner