Thursday, 16 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Busana Motif Kabupaten Kediri Kembali Diperagakan di Raka-Raki Jawa Timur

Lagi-lagi busana indah bermotif dan bercorak potensi Kabupaten Kediri diperagakan di panggung besar Pemilihan Raka-Raki Jawa Timur. Malam ini (28/3) akan digelar Grand Final Raka-Raki Jawa Timur 2018 di Grand City Convention Hall Surabaya, dimana salah satu penilaian yaitu evening gown competition yang mengusung tema batik dari daerah masing-masing. Pada ajang Kabupaten Pemilihan Duta Wisata Jawa Timur ini, Kabupaten Kediri diwakili oleh Inu Arga Prasetiawan dan Kirana Afiya Selly.

zaky 2

Persiapan serta pembekalan diberikan kepada putra-putri kebanggaan perwakilan dari Kabupaten Kediri. Salah satunya yaitu persiapan penampilan dari segi busana. Hal tersebut tak lepas dari peran pencipta busana tersebut yaitu Zacky Salahuddin Mirza. Tepat dua bulan, busana tersebut diproses dengan ketlatenan, ketekunan dan niat besar demi Kabupaten Kediri.

Penuh semangat serta optimis, pria yang berdomisili di Kayen Kidul Kabupaten Kediri tersebut ingin selalu menunjukkan ciri khas serta potensi Kabupaten Kediri lewat busana yang  dikenakan oleh perwakilan Inu-Kirana. “Kalau ada event berkaitan dengan Kabupaten Kediri, saya selalu siap dan bertekad menciptakan yang terbaik. Karena saya sendiri juga salah satu putra daerah,” ujar pria berusia 33 tahun ini.

zaky 1

Padma Ardhani, Kambil Cuil, Beras Kutah yang berarti teratai yang bermanfaat untuk kemakmuran masyarakat Kabupaten Kediri menjadi tema yang diusung dalam balutan busana tersebut. “Jadi saya gabungkan motif teratai warna silver, bentuk segitiga tidak beraturan untuk lambang kambil cuil, dan titik-titik kecil itu melambangkan beras kutah,” kata pria yang juga berprofesi sebagai guru tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, Padma Andriani atau yang berarti teratai ini merupakan inspirasi kekhasan Kabupaten Kediri dengan bunga teratai dari Candi Tegowangi. Tak tanggung-tanggung, bahan seperti kain dan manik-manik untuk membuat busana tersebut benar-benar dari bahan yang berkualitas baik.

zaky 4

Harapan dari pria yang menyukai kesenian ini, semoga Kabupaten Kediri kembali menyabet berbagai prestasi, tanpa terkecuali prestasi Raka-Raki berbusana terbaik. “Dibantu rekan-rekan, saya sudah berusaha dengan sekuat tenaga dan pikiran untuk mengerjakan busana itu. Semoga saja nanti busana tersebut bisa menunjukkan karakter pemakainya serta bisa memperlihatkan potensi Kabupaten Kediri yang tidak kalah dengan daerah lain,” tambahnya. (Kominfo/daw,tee,dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner