Tuesday, 19 June 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Arum Manis Jadul, Ikut Ramaikan Hari Jadi Kabupaten Kediri

Manis, legit, warna merah muda, tekstur seperti gumpalan rambut, dan pastinya enak di lidah. Hal tersebut pas untuk menggambarkan jajanan Arum Manis Jadul. Tak asing sekali bagi kita, jajanan ini sudah muncul sejak masa lampau.

gulali 2

Ketika masih duduk di Sekolah Dasar, kita sering bahkan setiap hari menjumpai jajanan tersebut. Gulali, Arbanat, atau Rambut Nenek jadi nama lain sebutan dari arum manis jadul ini. Walaupun arum manis masuk kategori jajanan lampau, namun tak disangka peminatnya masih banyak sekali mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Selain pameran produk unggulan UMKM Kabupaten Kediri, arum manis jadul ini juga ikut hadir untuk merayakan hari Jadi Kabupaten Kediri tahun 2018. Tersaji menggiurkan di dalam cup, jajanan berbahan dasar gula tersebut dijajakan di pinggir jalan area Simpang Lima Gumul (25/3).

gulali 3

Legiman, seorang bapak paruh baya yang menjual jajanan arum manis tersebut. Selain berjualan setiap hari di daerah Santren dan area SLG, penjual asal Silir Kediri ini juga tak pernah ketinggalan untuk mengais rejeki ketika hari besar seperti Hari Jadi Kabupaten Kediri. Dijual dengan harga merakyat hanya 5.000 rupiah sudah dapat 1 cup arum manis jadul. Murah betul bukan?

Adanya acara Pameran UMKM dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri menjadi sumber rejeki untuk Pak Legiman. Penjual yang ingin melestarikan jajanan masa lampau ini sangat senang dengan adanya acara tersebut. ”Ini sangat membantu sekali dari segi ekonomi. Hari biasa saya cuma dapat 100 ribu, sekarang pas ada acara seperti ini bisa dapat 250 ribu,yaaa kisaran 5 kg habisnya,” ujarnya dengan penuh semangat.

gulali 1

Tak patah semangat, harapan dari penjual untuk penjualan Arum Manis Jadul ini lebih laris lagi di acara besar lain yang diadakan oleh Kabupaten Kediri. Selain bisa menikmati jajanan modern, dengan adanya penjual arum manis ini kita juga tetap bisa merasakan jajanan jadul. Harga murah, enak, sekaligus nostalgia bareng jajanan masa lampau. (Kominfo/daw,evm,tj,wk).

Add comment


Security code
Refresh

banner