Sunday, 24 June 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Cerdaskan Anak Bangsa Dengan Gerakan Safari Gemar Membaca

gemar membaca 2

Mencerdaskan anak bangsa menjadi salah satu PR bagi Pemerintah. Upaya demi upaya dilakukan untuk menciptakan kualitas SDM manusia yang lebih baik. Salah satu upayanya adalah Safari Gerakan Nasional Pembudidayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota tahun 2018. Tak disangka, upaya tersebut membuahkan hasil. Banyak peserta berminat dan tertarik mengikuti acara tersebut.

Warna-warni seragam serta almamater yang digunakan peserta tampak bejajar rapi memenuhi kursi di Pendopo CV Agroutama Mandiri Lestari Desa Mangunrejo, Kecamatan Ngadiluwih. Selain peserta, acara tersebut dihadiri Wakil Bupati, Drs. Masykuri, MM, Kepala Kantor Perpustakaan Nasional, yang diwakili oleh Ibu Dra. Sri Sumekar, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Sudjono, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kediri, Dr.Ir.H.Moch. Saleh Udin, MM, dan seluruh Kepala SKPD Kabupaten Kediri.

gemar membaca 5

Lagu Indonesia Raya serta Mars Perpustakaan yang dibawakan para Paduan Suara mengawali semarak kegiatan ini. Asyiknya memetik, mencicipi manis dan renyahnya buah jambu kristal di Agroutama Mandiri Lestari, milik Tarwa Mustofa, penyerahan penghargaan oleh Wakil Bupati, pemberian buku gratis kepada peserta sesi tanya jawab tak terlewatkan dalam acara tersebut.

gemar membaca

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, melalui Wakil Bupati Drs. Masykuri, MM, menyampaikan bahwa perpustakaan memang harus digalakkan. Bumi ini pernah mengalami kegelapan, untuk menerangkan kembali dapat dilakukan dengan membaca buku. “Buku sebagai sumber pengetahuan ilmu dan teknologi serta memiliki keunggulan yang lebih daripada yang lain” terangnya. Peran utama Pemerintah sangat diharapkan dalam mensukseskan kecerdasan seluruh masyarakat. Selain itu, adanya komunitas minat baca menjadi pacuan untuk memotivasi masyarakat agar gemar membaca.

Minat baca yang tergolong masih kurang pada masyarakat menjadi satu faktor pendorong dalam mengadakan acara tersebut. Tanpa lelah, hal tersebut justru menjadi pelecut bagi Pemerintah khususnya Perpustakaan Nasional untuk meningkatkan indeks minat budaya baca pada masyarakat khususnya Kabupaten Kediri.

gemar membaca 4

Perwakilan Kantor Perpustakaan Nasional, Dra. Sri Sumekar “kita tetap berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat dengan berbagai langkah. Target 2018 kami melaksanakan program memobilisasi pengetahuan perpustakaan” jelasnya.

Berkaitan dengan memobilisasi pengetahuan perpustakaan oleh Kantor Perpustakaan Nasional, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kediri Dr.Ir.H.Moch. Saleh Udin, MM tak kalah sigap menyampaikan program yang dilaksanakan untuk pengelolaan perpustakaan saat ini.

“jaman dulu perpus terlihat sepi, sunyi, dan menakutkan. Bagaimana mendesain daripada perpustakaan sekarang atrau zaman now ?” Hal tersebut dapat diatasi dengan 4 faktor yaitu menghadirkan perpustakaan berjalan, koleksi buku sesuai segmen pasar, pemanfaatan IT untuk integrasi unit buku, serta menciptakan ruang perpustakaan yang nyaman, dan bisa diselingi untuk rekreasi.

gemar membaca 7

Beberapa program tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan minat budaya baca, pemanfaatan perpustakaan secara aktif, luas, mendukung transformasi pengetahuan yang mengalami banyak perubahan, serta mampu menciptakan inovasi serta kreativitas bagi masyarakat. Mari kita tingkatkan bersama minat budaya baca bermula dari diri sendiri. Semoga kita dan generasi kedepan menjadi manusia yang berkualitas. Perpustakaan LUAR BIASA, gemar membaca YES.(Kominfo, Daw, Fz, Tj, Wk)

banner