Friday, 20 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Melasti, mensucikan Diri menyambut Hari Raya Nyepi

Ribuan umat Hindu Se-Kabupaten Kota Kediri, melaksanakan upacara melasti di waduk Siman, desa Siman Kecamatan Kepung, Minggu (11/3). Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut hari raya nyepi tahun Caka 1940
Melasti 1Kadek Astrawan Ketua PHDI Kediri mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mensucikan diri menyambut hari nyepi, juga menjadi wujud rasa suka cita menyambut tahun baru Caka 1940.

"Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun menjelang nyepi. Untuk mensucikan diri dan optimisme menyambut tahun baru saka." Jelasnya.
Melasti 2Dirinya selanjutnya menambahkan, kegiatan ini digelar di waduk siman Karena disinilah awal sejarah nama Kediri. Dengan dharma brahmana bernama bagawanta bhari.

"Bagawanta bhari membuat sungai harinjing 1214 tahun yang lalu. Harinjing yang artinya hari injing atau pagi Hari." Ujarnya.

Melasti 3"Hari injing Bermaksud setiap pagi Hari memohon kepada yang kuasa. Sungai harinjing hingga kini bermanfaat bagi masyarakat Kediri untuk pertanian dan kehidupan warga." Tambahnya. (Kominfo/yda,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh