Tuesday, 11 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Topeng Bancak Doyok Meriahkan Tari Masal Hari Jadi Kabupaten Kediri 1214

Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ke 1214 tahun 2018 segera dimulai. Diawali dengan Kegiatan Koi Show dan Betta Kontes yang sesuai jadwal dimulai tanggal 2-4 Maret 2018 di Convention Hall Simpang Lima Gumul. Pada peringatan hari jadi tahun ini ada banyak sekali agenda-agenda yang rugi jika dilewatkan.

Topeng Bancak Doyok 1Yang pasti ditunggu-tunggu oleh masyarakat adalah tari kolosal massal yang menampilkan ribuan penari. Pagelaran tari masal tahun ini merupakan berkah bagi Mahmud Septian Avrizal. Seniman ganongan asal desa Paron Kecamatan Ngasem ini menerima pesanan pembuatan Topeng sejumlah 1214 yang akan digunakan oleh para penari.

Topeng tersebut terbuat dari kertas koran yang sudah tak terpakai. koran-koran tersebut dicetak menggunakan master cetak yang telah disiapkan terlebih dahulu. Agar Bentuk sesuai cetakan, kertas tersebut direkatkan dan dikeraskan menggunakan lem kanji.

Topeng Bancak Doyok 2"Dalam waktu 2 minggu insyaallah topeng berkarakter "Penthol Tembem atau Bancak Doyok" sebanyak itu bisa saya selesaikan". kata Mahmud kepada Kominfo saat mengerjakan topeng dirumahnya (1/2).

Tentu saja Mahmud tidak mengerjakan semuanya sendirian, dibantu oleh keluarganya seperti Ibu, Bapak serta adiknya. Agar cepat selesai para pemuda sekitar rumah juga dilibatkan.

"Saya Targetkan 1 hari bisa mengerjakan 60 topeng jika cuaca mendukung. Untuk mensukseskan acara ini saya akan menambah tenaga lagi agar cepat selesai tepat waktu".

Topeng Bancak Doyok 3Alhamdulillah dengan saya dipercaya membuat topeng untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1214 dapat meningkatkan keahlian sebagai pengrajin topeng. Setelah acara Tari massal ini usai rencananya saya akan tetap membuat topeng seperti ini dan saya jual kepada masyarakat. Teranganya

Selain itu para pemuda sekitar yang masih menganggur dapat melatih ketrampilannya membuat topeng yang juga dapat dijual. sesuai dengan cita-cita saya desa Paron akan menjadi sentra kerajinan tradisional khususnya aksesoris jaranan dan topeng, juga mengenalkan dan memotivasi pemuda untuk ikut melestarikan kesenian tradisional agar tetap lestari dijaman modern seperti ini. Jelasnya. (Kominfo/lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner