Monday, 17 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tekan Lakalantas Lewat Program Sipeka

Setelah sukses dengan dengan aplikasi e-tilang tahun lalu, hari ini, Rabu (28/2) Satlantas Polres Kediri melaunching Program "Sipeka” (Sistem Terpadu Penanggulangan Fatalitas Korban Laka Lantas). Program Sipeka ini guna menekan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Pada acara tersebut Polres Kediri Kembali membuat inovasi baru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

SIPEKA POLRES KEDIRI 1Kegiatan ini berlangsung di Monumen Wisata Simpang Lima Gumul. Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Kediri berserta seluruh Kepala OPD yang terkait dengan program tersebut. Hadir pula Direktur Radio Andika FM, Kepala Jasa Raharja, BPJS, RSUD Pare, RS HVA dan RS Bhayangkara .

Pada penandatanganan MoU tersebut Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM mengatakan Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Kediri bukan hanya tugas dari kepolisian saja, akan tetapi peran serta dari Pemerintah Kabupaten Kediri melalui instansi terkait siap bekerjasama, mendukung dan bahu membahu untuk mengatasi masalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

SIPEKA POLRES KEDIRI 2“Melaui Program SIPEKA yang dilaunching pada hari ini, harapan saya akan menjadi solusi nyata dalam menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Dengan sinergitas yang terjalin baik, Pemerintah Kabupaten Kediri mendukung SIPEKA menjadi salah satu inovasi yang akan mampu menjadi program yang mampu menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan di wilayah hukum Polres Kediri,” Terangnya

Kapolres Kediri, AKBP Erick Hermawan, SIK., MH. mengatakan sesuai dengan rencana umum nasional keselamatan, yaitu tahun 2011 sampai dengan tahun 2020 merupakan tahun keselamatan. Angka kecelakaan di tahun 2017 lalu berjumlah 1,285 kasus korban jiwa 300 orang. Pada kesempatan ini Polres Kediri bermaksud membuat inovasi dalam menekan fatalitas korban lakalantas dengan cara kita mensinergikan beberapa instansi yang ada di kabupaten Kediri melalui program SIPEKA.

SIPEKA POLRES KEDIRI 3“Jadi makna dari program sipeka ini kita harus lebih peka dalam memberikan informasi kepada instansi terkait dan warga yang berada dilokasi kejadian bisa juga langsung menghubungi pihak-pihak yang berwenang menangani kasus kecelakaan. Kita harus selalu memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan agar fatalitas korban bisa teratasi.” Jelas Kapolres.

Simulasi juga diperlihatkan kepada para tamu undangan, bagaimana proses pertolangan pada korban kecelakaan lalu lintas. Sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Kediri dengan Polres kediri begitu nampak. Itu terlihat respon cepat dari semua pihak setelah terjadi kecelakaan dan mendapat laporan dari masyarakat dan media secara cepat langsung ditidaklanjutu oleh pihat unit laka lantas yang berkoordinasi dengan pos dan plosek terdekat yang segera memanggil ambulan dari puskesmas terdekat dan mobil derek dari Dinas Perhubungan yang segera menyingkirkan kendaraan yang terlibat agar tidak terjadi kemacetan panjang dilokasi kejadian. (Kominfo/lks,yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner