Sunday, 24 June 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Berawal Dari Incip Durian, Slumbung Menuju Agrowisata Durian

Buah durian, Siapa yang tak kenal buah yang satu ini. Banyak orang menyebut buah ini sebagai raja buah, bukan tanpa alasan, karena buah ini memang ditasbihkan sebagai yang terlezat.

Durian Slumbung 1Di Kabupaten Kediri terdapat salah satu daerah yang menjadi sentra penghasil durian. Tidak hanya satu varietas saja namun beberapa macam jenis durian yang rasa enaknya masing-masing sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Adalah dusun Slumbung desa Mlancu kecamatan Kandangan. Daerah ini sejak dulu dikenal sebagai surga buah durian yang banyak dijadikan tempat kulakan pedagang untuk dijual lagi di Krian, Jombang, Mojokerto dan Surabaya. Satu hal yang mendasar menjadi standar kualitas durian Slumbung adalah durian ini masak pohon. Sehingga terjamin lezat dan sehat.

Durian Slumbung 3Minggu (18/2), menjadi hari istimewa bagi seluruh warga dusun Slumbung. Karena pada hari ini mereka guyub rukun mengadakan acara icip durian Slumbung.

Tidak tanggung-tanggung sebanyak 300 durian dibagikan secara gratis kepada seluruh pengunjung. Durian tersebut dibentuk sebuah tumpeng setinggi 4 meter dengan diameter 3 meter.

Durian Slumbung 2Kasun Slumbung, Mulyono, mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan kepada wilayah lain mengenai potensi durian Slumbung. Selain itu juga menjadi langkah awal menjadikan wilayah Slumbung sebagai agrowisata durian.

"Bila dahulu durian hanya dibeli tengkulak, harapannya kini pecinta durian bisa datang langsung kesini menikmati durian slumbung yang dijamin enak dan jenisnya variatif. Yang pada akhirnya meningkatkan harga jual dan kesejahteraan petani durian. " terang bapak dua anak ini.

Durian Slumbung 4"Harga dijamin murah mulai 12 ribu sampai yang besar harga 50 ribu. Selain itu juga mengenalkan kepada pengunjung potensi kami seperti kripik bothe, rambutan, manggis, susu segar dan lain sebagainya." tambahnya.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, yang juga hadir dalam kesempatan ini mengungkapkan apresiasinya terhadap acara ini. Beliau berharap keberadaan varietas durian ini dapat didaftarkan benihnya sehingga bersertifikat.

"Selain menjual buah dan olahan produk durian tentu perlu diperhatikan keberadaan sertifikat bibit. Sehingga lebih memberi nilai positif bagi nama Slumbung semakin dikenal lalu harganya bagus." tuturnya.

"Karena durian ini enak pasti akan dicari untuk ditanam. Nah perlu kita amankan dan ambil keuntungan dari setiap bibit yang dijual." tandasnya. (Kominfo/yda,fz,us,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner