Friday, 17 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Blangkon Kabid Dari Kandangan.

BLANGKON 1

Salah satu ciri khas budaya Jawa adalah Blangkon, makna blangkon sendiri bagi orang Jawa bukan hanya sekedar sebagai penutup kepala, blangon juga memiliki filosof sekaligus merupakan symbol status bagi pemakainya.

Berawal dari sinilah karena di Kabupaten Kediri masih belum banyak pembuat blangkon yang ada blangkon dari Solo, Jogya atau sekitar Jawa Tengah tapi untuk blengkon asli Jawa Timur memang belum ada di Kabupaten Kediri, “jadi awal pembuatan ini sekitar 10 tahun yang lalu, cukup lama, tadinya hanya dikonsumsi sendiri, ternyata setelah saya pakai banyak sekali peninatnya, dan banyak yang pesan”, katanya.

BLANGKON 3

Berawal dari mulut ke mulut itulah “menjadikan saya semangat untuk membuat blangkon, karena tempat saya berdekatan dengan Jombang dan Malang jadi saya juga bisa menjual hasi produk di Jombang dan Malang juga di Kabupaten Kediri, “dulu saya memakai iket. Dibentuk dari lembar kain berbentuk segi empat. Lalu dilipat membentuk segitiga. Kemudian berkembang menjadi bentuk lebih praktis, seperti topi tinggal pakai, yang dikenal dengan nama udeng.” Terangnya.

Udeng berfungsi sebagai penutup kepala bagi pria, lalu berkembang menjadi tradisi. Penutup kepala ini dulu juga menunjukkan atribut sosial seseorang, dilihat dari bahan, warna, bentuk pakai,dan status sosial si pemakai. Jadi seperti ada tingkatan kastanya tapi jaman sekarang orang sudah banyak menggunakan udeng atau blangkon sesuai selera dan pantas atau tidaknya dipakai.

BLANGKON 2

Bila ingin pesan atau membeli silahkan hubungi Bapak Kabid Jalan Toyoresmi Prambanan RT. 03 RW 05 Kecamatan Kandangan, HP. 085 735 364 705, untuk melestarikan budaya Jawa Timur Khususnya Kabupaten Kediri. (Kominfo, Yrpd, Tj, Wk). #kedirilagihebat

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner