Kamis, 22 Februari 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bukan Limbah, Tapi Berkah

Siapa yang tak mengenal kotoran sapi. Sebagian besar orang akan menghindari bila bertemu, dan merasa jijik. Bila menyengat baunya, bukan tidak mungkin kita semua akan menutup hidung. Namun hal ternyata di Desa Medowo, Kotoran sapi justru menjadi berkah bagi warganya.

limbah menjadi berkah 1Desa ini memiliki 500 peternak sapi perah. Dari data KUD Kertajaya Desa Medowo terdapat 1900 sapi perah yang menghasilkan puluhan ton kotoran sapi setiap bulannya. Awalnya kotoran yang oleh warga desa disebut tletong ini dikumpulkan dengan cara ditumpuk lalu digunakan untuk memupuk hingga bisa dimanfaatkan untuk pupuk area pertanian.

Namun usai mendapat pelatihan mengenai pengolahan limbah kotoran sapi, kini warga menjadikannya menjadi energy yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Yakni gas untuk kebutuhan memasak dan penerangan.

limbah menjadi berkah 2Sebagai gambaran, untuk limbah kotoran lima ekor sapi dapat digunakan untuk kebutuhan gas dua sampai tiga rumah. Bahkan ada yang warga yang mengumpulkan kotoran dari tiga kandang sapi dan gas yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk delapan rumah.

Saat ditemui didesanya Kepala Desa Medowo Sujarwo (29/1), menyampaikan Limbah kotoran sapi di Desa Medowo justru disini limbah jadi berkah bagi warga. Proses pengolahan awal biogas tersebut dengan cara kotoran sapi yang dikumpulkan kemudian di masukkan kedalam instalasi penampungan biogas.

“prinsipnya kotoran tersebut mengandung asam amoniak yang sifatnya panas. Sehingga nantinya akan menghasilkan gas yang digunakan untuk memasak. Sehingga warga menghemat pengeluaran gas elpiji.” Jelasnya.

limbah menjadi berkah 3“Bila umumnya setiap keluarga membutuhkan 6 tabung elpiji 3 Kg perbulan, berarti warga medowo bisa hemat 6 x Rp.18.000,- yakni Rp 108.000,- per bulan. Lumayan bisa dialihkan untuk pengeluaran sekolah anak.” Terangnya.

Selanjutnya sujarwo menerangkan, untuk limbah yang berasal dari bak tampung akan terpisah menjadi air, kotoran padat dan kotoran halus (sluri). Kotoran padat dari limbah biogas ini dapat dimanfaatkan menjadi kompos sedangkan air dan sluri bisa digunakan untuk budidaya ikan.

“Alhamdulillah, kotoran sapi yang dianggap limbah setelah diolah dengan bagus kini menjadi berkah dan menjadi manfaat. Memang Alloh menciptakan segala sesuatu mengandung maksud yang bermanfaat bagi manusia.” Pungkasnya. (kominfo/yda,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh