Thursday, 19 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Kranggan Masuk Penilaian 4 Besar PHBS.

KRANGGAN PHBS 3

“Kita perlu bersyukur karena Kabupaten Kediri mendapat kehormatan menerima Tamu yaitu Tim Penilai Lapang dalam rangka Kesatuan Gerak PKK KB – Kesehatan tahun 2017, Tingkat Provinsi Jawa Timur, oleh karena Kabupaten Kediri masuk Nominasi penilaian 4 (empat) Besar di bidang PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Hj. Rosyidah Masykuri.

“untuk persiapan dan semua yang ada di lapangan sudah kita siapkan, karena dalam hal ini Tim Penilai akan melihat secara langsung sesuai tidak dengan apa yang dilaporkan secara tertulis dengan praktek di lapangan atau kenyataan yang ada di lapangan ”, terangnya.

KRANGGAN PHBS 2

Kenapa Kabupaten Kediri memilih di bidang PHBS, dalam rangka Kesatuan Gerak PKK KB - Kesehatan 2017, karena sudah melalui berbagai macam pertimbangan, diantaranya termasuk program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) sebagai program Nasional, “Kabupaten Kediri secara gencar dan penuh semangat untuk malakukan dan mensukseskan program Germas ini, sehingga PKK juga ikut terlibat, ikut andil dalam mensukseskan program dari Pemerintah melalui kegiatan lomba PHBS”, jelas Rosyidah.

KRANGGAN PHBS 5

Lebih lanjut dikatakan bahwa melalui kegiatan lomba PHBS di tingkat Kabupaten dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK, tiap Kecamatan mengirimkan 1 profil desanya, jadi PHBS yang terbaik di Kecamatan dan keluarlah 4 nominasi yang terbaik “ memang Desa Kranggan Kecamatan Gurah ini sebagai yang terbaik se Kabupaten Kediri”.

“Harapan saya apapun yang diberikan dalam artian Kepercayaan, Penghargaan, tugas selanjutnya untuk memajukan Kabupaten Kediri selalu siap melaksanakannya, seandainya nanti terpilih dan terbaik untuk mewakili ke Tingkat Nasional, kalau memang itu layak dan sesuai dengan yang ada dilapangan, kita semua Dinas lintas sector siap melalukan tugas karena mewakili Provinsi”. Harap Masykuri mohon doa dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Kediri.

KRANGGAN PHBS 6

Turut hadir dalam kegiatan Penilai Lapang dalam rangka Kesatuan Gerak PKK KB – Kesehatan Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DP2KBP3A, Bagian Kesra, Camat Gurah beserta Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Desa Kranggan bersama 3 pilar, didukung dari Karang Taruna Desa Kranggan Kecamatan Gurah.

Untuk Tim Penilai dari Provinsi Jawa Timur sebagai Ketua Tim Ir. Theresia M. Subgjo anggota Drg.Vitria Dewi, M.Si, Malik Afif, KSM,MM Kes dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Aninda Rose Novila, S.Sos dari BKKBN, Drs.Turiman, M.Si dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Darmanto dari Biro Kesos Provinsi Jawa Timur.

KRANGGAN PHBS 7

Acara demi acara dilalui setelah mendengarkan paparan tentang profil Desa Kranggan oleh Ketua TP-PKK Desa Kranggan Yeni Nuris dengan gamblang, tentang Desa Kranggan Desa PHBS dengan Visi terwujudnya masyarakat Desa Kranggan yang aman, tentram, damai, sejahtera, mandiri dan bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta penyelenggaraan pemerintah Desa yang bersih dan transparan, ada juga Puskesdes Peduli Bunda dan masih banyak lagi yang disampaikan terkait apa itu PHBS maksud dan tujuannya sampai nanti melihat hasil akhir dilapangan, juga prestasi – prestasi yang sudah diraih Desa Kranggan.

KRANGGAN PHBS 8

Sambutan dari Tim Penilai Provinsi Jawa Timur yang diwakili Drg.Vitria Dewi, M.Si dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, pertama memperkenalkan anggota Tim satu persatu dari lintas sector “yang menggambarkan keterlibatan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dalam kegiatan PHBS biar evaluasi kita bisa lengkap” kata Vitria.

“kami menyampaikan permohonan maaf dalam melakukan penilaian bila ada kesalahan dan kekurangan sekaligus mohon ijin untuk tinjau lapang dan berdiskusi dengan teman-teman, katanya dengan ramah.

Acara penilaian dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsi dari Tim Penilai mulai bedah dokumen dengan teliti dan njelimet juga sesekali melontarkan pertanyaan terkait kegiatan dan data yang ada pada dokumen yang tertulis. Setelah puas melakukan bedah dokumen tim akhirnya melalukan tinjau lapang.

KRANGGAN PHBS 4

Pertama tim meluncur kelokasi KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) di beberapa rumah penduduk Desa Kranggan dan memang sudah tertata dengan rapi dan juga ada yang siap panen, tampak indah, bersih dan kesan kekeluargaan, keharmonisan dan guyub rukun antara Pemerintah Desa yang didukung dengan Bidan Desa Yetty Syerot juga Kepala Desa Kranggan Widarti dengan masyarakatnya kompak untuk membangun Desa Kranggan menjadi Desa Bebas ODF dan Desa PHBS.

Selanjutnya melihat DAS (Daerah Aliran Sungai) hhhmmm bersih dan enak dipandang mata, tidak ada bau sampah dan kotoran lainnya, tim merasa puas karena pembersihan di aliran sungai berkat peran serta dari Karang Taruna Desa Kranggan. Setelah itu juga melhat kebun belimbing di Sumbercangring yang cukup luas dan potensi untuk dikembangkan menjadi wisata edukasi petik belimbing.

Drg.Vitria Dewi, M.Si dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur menyampaikan hasil akhir dari penilaian sementara kesepakatan dan “kami menyampaikan trimakasih serta apresiasi bagi masyarakat Desa Kranggan Kecamatan Gurah, hari ini kami semua betul-betul bisa melihat bagaimana PBHS ini bisa ditanamkan menjadi suatu budaya prilaku sehat di daerah ini”. kata Vitria.

KRANGGAN PHBS 9

“kami dengan 7 orang sepakat bahwa Desa ini memang Asri, artinya kami datang menang kenyataannya yaa seperti ini, tidak ada polesan, tidak ada sesuatu yang dibuat-buat atau rekayasa, itu apresiasi kami apalagi semangat dari para kader sangat luar biasa. Tentunya semangat ini karena ada yang mendukung yaitu Ketua TP-PKK Kabupaten Kediri” terangnya disambut tepuk tangan semua yang hadir.

“sebetulnya kami datang kesini bukan untuk menilai tapi untuk berdiskusi dengan teman-teman semua supaya bisa mendapat kebaikan setingkat menuju kearah yang lebih baik lagi, saya merasa bangga karena lintas sector mulai dari Pemerintah Kabupaten Kediri, Kecamatan Gurah sampai dengan Desa semua mendukung dan tanpa dukungan semuanya kita tidak akan bisa mendapat semangat yang luar biasa, untuk membangun PHBS,” katanya dengan bangga dan kagum.

KRANGGAN PHBS 1

“teman-teman sudah bekerja luar biasa, dan hasil akhirnya kita tunggu setelah tim ini selesai meninjau dari Sampang”, imbuh Vitria. (Kominfo, Yrpd, Tj, Wk).#kedirilagihebat.