Wednesday, 25 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Peluang dan Potensi Bisnis Yang Menjanjikan Dari Sampah

SAMPAH LH

Yuuukkk… ingatan kita kembali pada acara Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru atau pergantian Tahun dari 2017 ke 2018 dan setiap ada acara di monument Simpang Lima Gumul pasti menyisakan sampah, sampah dan sampah yang tiada tara banyaknya serta tidak sedap dipandang mata dan ini juga sebagai momok, kalau tidak segera dibersihkan wwoowww… apa jadinya, tidak bisa dibayangkan.

“begitu semua orang sudah pergi atau pulang kerumah masing-masing setelah puas menyaksikan malam pesta kembang api pergantian tahun, Pasukan Merah penebas ranjau kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri sudah siap, menjalankan aktifitasnya”, kata Mustika Prayitno Adi, S.Sos, MM Plt.Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri.

SAMPAH LH 2

“bayangkan, kita semua terlelap tidur atau yang buang sampah sedang dalam mimpi melihat kembang api yang sangat fantastic, teman-teman pasukan merah ini mulai pukul 02.30 Wib, sudah ada dilokasi SLG untuk membersihkan sampah, tanpa adanya mereka pasukan merah walaupun pekerjaan mereka seperti ini, tapi jasa dan dampaknya yang tidak bisa digantikan dengan apapun”. Kata Mustika dengan bangga saat ditemui Tim Peliputan (4/1) di Kantor Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Convention Hall.

Pagi hari setelah sang surya terbit di ufuk timur, cclliinnggg… bisa dilihat SLG langsung kinclong bersih, pasukan merah sungguh luar biasa, jangan ada yang menganggap remeh mereka, tanpa mereka pastilah sampah akan bertumpuk dimana-mana, membuat kotor, banyak lalat juga banyak penyakit.

SAMPAH LH 3

Apakah anda pingin melihat Kabupaten Kediri dipenuhi sampah? Oowww Now, tentu tidak, maka dari itu mulai dari diri sendiri kita harus selalu menjaga kebersihan terutama saat perjalanan, paling tidak kita siap kantong plastic untuk tempat sampah kita saat kita menikmati sneck atau makanan lainnya, juga bekas air mineral jadi kita bisa taruh ditempat sampah.

Pemerintah Kabupaten Kediri malalui Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup selalu siap untuk membuat Kabupaten Kediri bersih, sehat dan indah “apa lagi didukung dengan masyarakatnya yang sadar, tidak buang sampah sembarangan, dan sampah bisa di buang ditempat sampah, ini akan membantu kami dalam membuat bersih dan indah Kabupaten Kediri” jelas Mustika.

“walaupun sampah sebagai momok atau kotor dan menakutkan ternyata sampah juga bisa dipilih dan bisa dijadikan sumber ekonomi untuk bisa menghasilkan uang, segi positifnya bisa diolah atau didaur ulang” dalam artian pengelolaan sampah 3R secara Umum dalam upaya mengurangi pembuangan sampah, dengan Menggunakan Kembali (Reuse) penggunaan kembali sampah secara langsung, baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain. Tambahnya

SAMPAH LH 4

Mengurangi (Reduce) segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah dan mendaur ulang (Recycle). memanfaatkan kembali sampah setelah mengalami proses pengolahan. “Pengelolaan sampah mulai dari semua kegiatan yang dilakukan dalam menangani sampah sejak ditimbulkan sampai dengan pembuangan akhir. Secara garis besar, kegiatan di dalam pengelolaan sampah meliputi pengendalian timbulan sampah, pengumpulan sampah, transfer dan transport, pengolahan dan pembuangan akhir, inilah yang dilakukan dari teman-teman Pasukan Merah”. Imbuh Mustika.

Sebetulnya sampah juga berdampak terhadap keadaan social dan ekonomi, Pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. Hal penting disini adalah meningkatnya pembiayaan (untuk mengobati kerumah sakit).

Infrastruktur lain dapat juga dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai, seperti tingginya biaya yang diperlukan untuk pengolahan air. Jika sarana penampungan sampah kurang atau tidak efisien, orang akan cenderung membuang sampahnya dijalan. Hal ini mengakibatkan jalan perlu lebih sering dibersihkan dan diperbaiki.

SAMPAH LH 1

“saya hanya bisa menghimbau kepada masyarakat, bagi yang ingin mendulang rejeki dari sampah silahkan memanfaatkan sampah dengan sebaik-baiknya jangan sampai daur ulang sampah bisa menjadi sampah baru, saat ini sampah-sampah bisa kita kelola menjadi suatu peluang dan potensi bisnis jika dikelola dengan baik, akan menjadi potensi bisnis yang luar biasa yang harus kita lakukan yaitu bagaimana sampah hari ini, dikelola hari ini dan habis hari ini”, Kata Mustika penuh semangat. (Kominfo, Yrpd, Tj, Wk). #kedirilagihebat

Add comment


Security code
Refresh