Wednesday, 25 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Sempu Raih Awarding Desa Berkat KWT Maju.

SEMPU AWARDING 1

“keberhasilan Desa Sempu Kecamatan Ngancar memperoleh Awarding Desa Tahun 2017 pada 12 Desember lalu semua atas kerjasama dari semua pihak khususnya masyarakat Desa Sempu, yang selalu mendukung program-program pengembangan Desa untuk menuju kearah yang lebih baik lagi” kata Eko Suroso Kepala Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.

“kategori penerimaan Awarding Anugerag Desa 2017 dengan kategori Bidang Pemberdayaan Perempuan sebagai salah satu unggulan untuk kemandirian masyarakat, pada program ini kami sebagai Pemerintah Desa berupaya menggerakkan para ibu-ibu melalui KWT (Kelompok Wanita Tani) untuk mengelola lahan pekarangan rumahnya dengan tanaman labu madu yang saat ini sedang ngetren”, katanya.

SEMPU AWARDING 2

“disamping labu madu karena Desa Sempu juga terkenal dengan Kangpung Anggrek jadi ibu-ibunya juga membudidayakan tanaman anggrek, UMKM tidak ketinggalan seperti olehan aneka kripik, semua olehan kita jual di daerah wisata seperti Kampang Labu Madu, Kampung India yang juga masih baru, semuanya untuk menambah inkam dan kesejahteraan keluarga”, terang Eko dengan bangga.

Untuk menyalurkan prooduksi dari ibu-ibu tersebut, “Desa Sempu sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah tempat wisata khususnya yang ada di Desa Sempu, dan tidak menutup kemungkinan saya juga akan mengembangkan promosi dan nantinya bukan hanya di Desa Sempu saja tapi obyek wisaya yang ada di Kabupaten Kediri, kita bisa menjual hasil produk dari Desa Sempu.” Tambahnya.

SEMPU AWARDING 4

Desa Sempu memang mempunyai wisata buatan seperti Kampung Anggrek Perkebunan Sumbersari Petung juga sudah ikut andil mendukung Kabupaten Sehat dengan Tatanan Pariwisata Mandiri 2017 dan juga lolos menjadikan Kabupaten Kediri Sehat mendapat Penghargaan Swasti Saba Wiwerda 2017. Satu lagi yang saat ini sedang ngetren yaitu Kampung India juga sebagai wisata buatan atau wisata mandiri.

Terkait dengan perekonomian dan pariwisata, “kami menjembatani masyarakat sekitar untuk membentuk Pokdarwis. Baik pasar wisata maupun pujasera yang terdapat dalam Kampung Anggrek, dikelola oleh pokdarwis. Telah terbentuk juga pasar kampung nanas, banyak yang berjualan dan makin lama makin banyak. ini semua hasil kerjasama dengan Kampung Anggrek”. Kata Eko saat di temui Tim Peliputan (5/1)

SEMPU AWARDING 6

Selain itu juga Desa Sempu juga mendapat penilaian sebagai Desa Tangguh dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Kediri “semua ini kita konsolidasikan potensi-potensi yang ada dengan menggandeng Babinsa, Babinkamtibmas, Bumdes, Koperasi, Pokwan, Sosbud, Desa Siaga dan masih banyak lagi, semuanya solid dalam memajukan desa, bersatu hingga bisa mencapai Anugerah Desa 2017” imbuhnya.

“Saya atas nama warga Desa Sempu mengucapkan terimakasih kepada Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno, Kepala DPMPD Kabupaten Kediri H.Satirin, S.Pd, Jawa Pos Radar Kediri dan semua pihak yang sudah memberikan penghargaan bagi desa kami meraih Awarding Inovasi Desa tahun 2017, kedepannya dengan penghargaan ini saya dan warga Desa Sempu akan memajukan dan membuat gebrakan baru, supaya Awarding Inovasi Desa bisa diraih kembali di tahun 2018.” Tambahnya.

SEMPU AWARDING 7

Sekapur sirih profil Desa Sempu terletak paling Timur dari Wilayah Kecamatan Ngancar, dengan ketinggian 500 – 600 MDPL, secara administrative Desa Sempu sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar,Sebelah Timur sebagai Hutan dari Perhutani dan sebelah Barat berbatasan dengan Desa Manggis Kecamatan Ngancar.

SEMPU AWARDING8

Luas wilayah Desa Sempu sekitar 260 ha (3,7 Km2), memiliki 3 Dusun yaitu Dusun Ringin Sari, Dusun Sempu dan Dusun Sumber Petung dengan jumlah penduduk sekitar 3531 jiwa, bisa dilihat di website Desa Sempu Kecamatan Ngancar dan blogspot Desa Sempu, juga didukung dengan Radio Sempu Raya FM yang bisa mengudara setiap hari dengan menyiarkan kemajuan-kemajuan yang ada di Desa Sempu juga di Kabupaten Kediri.

SEMPU AWARDING 5

Masyarakat Desa Sempu rata-rata bertani atau mengolah lahan pertanian seperti tanaman tebu, nanas, ketela, hortikultura, dan sebagian lagi masyarakatnya berpenghasilan dari panen cengkeh.(Kominfo, Yrpd, Tj, Wk)#kedirilagihebat.

Add comment


Security code
Refresh