Monday, 23 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pendidikan Merupakan Pilar Utama dalam Memajukan Bangsa

Pameran Pendidikan Tinggi se-Jawa kembali digelar. Agenda tahunan yang diprakarsai oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA/MA Kabupaten Kediri tersebut digelar selama dua hari, 15-16 Januari 2018. Pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Kediri Masyukuri MM. menandai pembukaan kegiatan yang digelar di area basement Simpang Lima Gumul ini.

PT 1

“Jepang hancur pasca bom yang menghantam Nagasaki dan Hiroshima oleh Sekutu. Namun tak sampai 50 tahun pasca kejadian tersebut, Jepang berhasil menguasai dunia. Keberhasilan tersebut diawali dengan peningkatan SDM melalui pendidikan,” kata Wabup Masykuri mengawali sambutannya.

Apa yang dilakukan Jepang menjadi contoh bahwa pendidikan merupakan pilar utama dalam memajukan bangsa. “Semua agama sangat menghargai ilmu. Semua agama mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu, bahkan di dalam Islam disebut fardhu atau wajib. Karena dengan ilmu, derajat manusia akan terangkat,” urai beliau.

PT 2

Menurutnya, menjadi tugas dan kewajiban institusi pendidikan untuk mengajar, mendidik dan memberikan pengetahuan kepada siswa tentang sekolah lanjutan yang diminati dan sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa. Dengan demikian, pameran pendidikan ini menjadi ajang sosialisasi serta sarana layanan informasi kepada peserta didik dan orang tua tentang perguruan tinggi/pendidikan profesi pasca pendidikan menengah atas.

“Informasi yang didapatkan melalui acara seperti ini sangat penting, manfaatkan dan jangan sampai salah pilih. Karena apa yang dipilih hari ini, menentukan keberhasilan atau kegagalan kita 20 tahun yang akan datang,” tegasnya.

PT 3

Sebanyak 72 perguruan tinggi negeri dan swasta turut ambil bagian dalam pameran ini. Dengan aktif, para pemandu stan mempresentasikan program pendidikan kepada para pelajar yang telah memenuhi area pameran. Tidak hanya pelajar Kabupaten Kediri, siswa-siswi yang duduk di kelas XII tersebut juga berasal dari SMA/SMK/MA di Kota Kediri.

Salah satu peserta pameran adalah STMIK AKAKOM. Menurut perwakilannya yaitu Christianto Indrasmoro, meski baru pertama kali melakukan presentasi pendidikan di Kabupaten Kediri, sekolah tinggi dari Yogyakarta tersebut kerap mensosialisasikan pengenalan kampus ke sekolah-sekolah.

PT 4

“Saat ini kemajuan tenologi begitu terasa, dan semua berawal dari pendidikan dan penguasaan IT. Kami mengikuti pameran ini untuk memberikan informasi, menjaring bibit-bibit unggul yang nantinya dapat menjadi tenaga-tenaga profesional di bidang informatika dan komputer,” kata Christianto. (Kominfo/tee, fz, tj, wk)

Add comment


Security code
Refresh