Saturday, 23 June 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tangkap Ikan Lele Tandai Syukuran Tubing Niagara

LELE JAMBU 1

Setelah Tubing Sungai Niagara atau Aliran Sungai Serinjing diresmikan Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM, warga Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul menandai rasa syukur dengan penangkapan ikan lele di empang juga lokasi yang sama dengan tubing Niagara dan pesona sejuta ikan Dusun Kedung Cangkring.

LELE JAMBU 2

Kepala Desa Jambu Agus Joko Susilo mengatakan saat ditemui Tim Peliputan (12/1) “empang ini rencana akan kita buat untuk mainan anak-anak, seperti wisata berperahu dan bisa keceh kembali kea lam juga habitatnya sebagai wong ndeso, jadi anak-anak juga kita kenalkan beginilah kehidupan di Desa yang harus kita lestarikan walaupun sekarang sudah jaman now tapi tidak meninggalkan kearifan lokal kita” katanya.

LELE JAMBU 3

“ukuran empang ini dengan lebar sekitar 8 m dan panjang 16 m cukup luas juga, setelah kemaren kita peresmian Tubing Niagara saya ingin warga khususnya ibu-ibu mencari ikan yang kita tebar di empang sekitar 3 kwintal, ibu-ibu bisa mengambil ikan sesukanya dengan batas waktu yang tidak kita tentukan, wess terserah ben rame (biar rame)” terang Agus penuh semangat.

Begitu Kepala Desa Jambu selesai menebarkan lele di empang lalu meniupkan peluit tanda dimulainya pencarian ikan lele, “melihat antusias warga seperti ini saya sangat bangga, berbagai cara dilakukan mereka untuk menangkap ikan lele, seru dan kadang teriakan-teriakan suka cita karena berhasil menangkap lele”, tembahnya dengan tersenyum membayangkan tingkah laku ibu-ibu warga Desa Jambu.

LELE JAMBU 5

Saat ditanya kenapa kok ikan lele tidak ikan jenis lain seperti gurami, nila dan sebagainya “ karena ikan lele harganya paling murah, ikan lele juga sulit untuk ditangkap terlalu licin, ikan lele juga baik untuk kesehatan terutama untuk kesehatan jantung, dan sumber protein yang rendah lemak” kata Agus.

LELE JAMBU 4

Setelah ibu-ibunya merasa puas dan kewalahan ada juga yang ikut menangkap ikan lele mulai anak-anak juga bapak-bapaknya ikut berkutat dengan lumpur, melihat keseruan warga Desa Jambu juga kekompakan menandai keberhasilan pengembangan destinasi wisata air yang baru diresmikan sungguh membuat kagum siapa saja yang melihatnya.

LELE JAMBU 6

“semoga kedepannya bisa menjadikan Desa Jambu tambah dikenal bukan saja dengan kelengkeng kita sudah punya tubing Niagara, pesona sejuta ikan juga nanti kita kembangkan lagi, semuanya ini untuk menambah kesejahteraan bila ada wisatawan datang paling tidak bisa menikmati secangkir kopi sambil melihat pesona tubing juga sejua ikan”, imbuh Agus. (Kominfo, Yrpd, Tj. Wk). #kedirilagihebat.

Add comment


Security code
Refresh

banner