Saturday, 21 July 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Taman Kelir Destinasi Wisata Baru Di Kabupaten Kediri

Hari pertama, Sabtu (06/1) Dinas Kebupayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri bersama Inukirana melaksanakan kegiatan jelajah obyek wisata yaitu Dikawasan Wisata Sumber Podang. dikawasan wisata tersebut ada salah satu temat yang lagi digandrungi oleh masyarakat yaitu Resort Kelir atau lebih dikenal dengan nama taman Kelir.

kelir 3Taman Kelir merupakan destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Kediri. Taman tersebut terletak sekitar 4 Km dari balai desa Joho Kec. Semen, tepatnya setelah pintu masuk kawasan wisata Sumber Podang belok ke kanan.

Begitu kita masuk kawasan tersebut kita akan menemui rumah-rumah penduduk yang menjual madu asli. Bukan rahasia lagi kalau desa Joho merupakan sentra penghasil madu di Kabupaten Kediri.

Kelir 1Setelah melewati rumah warga, perjalanan kita sedikit menemui tantangan karena jalan menuju taman Kelir belum beraspal. Warga sekitar memanfaatkan peluang tersebut untuk memberikan jasa ojek menuju Kelir, ongkos ojek sekitar 15.000 Rupiah pulang pergi.

Selama perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan khas lereng gunung wilis yang sangat mempesona. Pepohonan besar disepanjang jalan membuat suasana semakin alami.

Kelir 2Sampai dilokasi kita bisa beristirahat di Pendopo yang dikelilingi oleh kolam ikan serta dikelilingi pula oleh pohon randu yang menjulang tinggi dan besar. Tidak perlu berlama-lama istirahat kita bisa langsung menuju spot foto Bulan Sabit yang dibawahnya terdapat rumah kayu dan ada seekor tawon madu raksasa yang merupakan simbol bahwa desa Joho adalah kawasan penghasil madu terbesar di Kabupaten Kediri.

Setelah puas berfoto, pengunjung bisa naik keatas rumah pohon dan menikmati pemandangan taman dari atas. udara yang sangat bersih dan sejuk membuat kita akan betah berada diatas rumah pohon tersebut.

Pak Yatmin sebagai mandor dari Perhutani yang mengelola taman kelir ini mengatakan taman Kelir dulu awalnya adalah tempat budidaya lebah madu. karena sekarang budidaya lebah madu semakin sulit kita mengembangkan tempat ini sebagai tempat wisata.

Luas dari taman ini adalah 2,5 Ha, untuk kedepanya pengembangan wisata akan diperluas menjadi 5 Ha. Kami juga akan menambahkan wahana edukasi budidaya lebah madu bagi pengunjung. Terangnya

Kelir 4Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo, M.Si mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memaksimalkan daya tarik obyek wisata dan mengenalkan kepada masyarakat potensi wisata di Kabupaten Kediri.

Kenapa kami mengajak Inukirana, Karena Inukirana juga sebagai Duta wisata Kabupaten Kediri. jadi mereka juga harus mengenal segala potensi yang ada. Kemudian dapat mengelkan dan mempromosikannya kepada masyarakat agar setiap liburan berkunjung ketempat wisata di Kabupaten Kediri. Jelasnya (kominfo/lks, yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner