Sunday, 09 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

76 Kios dan Los Pasar Kandangan di Tertibkan

PASAR KANDANGAN 1

“Hari ini merupakan batas akhir kesepakatan atau kontrak para pedagang di Pasar Kandangan, mulai kesepakatan kontrak yang pertama selama 10 tahun, dan diperpanjang selama 3 tahun jadi batas akhir 3 tahun sudah habis masa kontraknya, kami melakukan kegiatan pengosongan terhadap Kios dan Los, yang tidak melakukan pembayaran sesuai dengan perjanjian” kata Kepala Bidang Pembukuan dan Penagihan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kediri Titien Kususanti, SH.(30/12)

PASAR KANDANGAN 2

“saya mewakili Kepala Bappenda Kabupaten Kediri, bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Satpol PP dan Polsek Kandangan, hari ini kita sidak langsung ke Pasar Kandangan karena kita sudah memberikan peringatan melalui surat tapi mereka juga tidak mengindahkan, akhirnya kami sepakat batas akhir kita segel sementara sampai ada kesepakatan lagi dan niat baik pedagang yang menempati kios dan los untuk membayar”, terangnya.

“untuk pedagang yang kita eksekusi hari ini sebanyak 76 los dan kios yang tidak melakukan pembayaran sama sekali, diharapkan ini sebagai shok terapi juga kepada para pedagang yang lain supaya bisa melunasi tunggakan angsuran yang seharusnya lunas tanggal 31 Desember 2017 ini, kita harapkan kagiatan hari ini bisa memberikan motivasi kepada pedagang yang lain untuk bisa segera melakukan pembayaran,” jelas Titien.

PASAR KANDANGAN 5

Sebelum kegiatan di mulai dilakukan pembagian tugas menjadi 6 kelompok melihat banyaknya los dan kios yang belum melakukan pembayaran sampai batas akhir dan akan dilakukan pengosongan, untuk petugas dari Satpol PP Kabupaten Kediri sejumlah 20 orang masih bersama duet kabid yaitu Kabid Perlindungan Masyarakat (Linmas) Rendra Karya, SE. M.Si bersama Kabid Peraturan Daerah (Perda) Susanto, SP dengan pasukan KULL (Kuat, Ulet, Lugas, Loyal).

PASAR KANDANGAN 4

 

Langsung dibawah pimpinan Kabid Pembukuan dan Penagihan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kediri Titien Kususanti, SH semua berpencar sesuai pembagian kelompok, semua kios dan los yang tercatat belum melakukan pembayaran ternyata memang sudah kosong dan banyak yang tidak ditempati sedangkan untuk kios walaupun sudah tidak di gunakan lagi tetepi masih ada barang-barang yang disimpan didalam kios.

PASAR KANDANGAN 3

 

Sambil melalukan penyegelan juga berkomunikasi dengan pedagang yang masih aktif berjualan dari tanya jawab dan dengan bijak bisa menanggapi keluhan dari para pedagang, bukan karena sewa kios atau los, yang mereka keluhkan karena kios atau los memang sudah lama tidak digunakan dan mereka malah berjualan di depan pasar ini yang menjadi kecemburuan social pedagang yang berada di dalam pasar.

Dengan antusias Titien langsung memberikan respon dengan memanggil pedagang yang nakal untuk diberikan pembinaan di Kantor Pasar Kandangan dan dengan tanya jawab serta memberikan pengertian mereka mau melunasi dan tidak akan berjualan lagi di depan pasar, disamping bisa membuat kumuh, juga bisa membuat yang lain ikut berjualan di depan pasar, bagi yang masih berjualan akan dilakukan penggusuran dan penataan kembali supaya bisa tertata sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

PASAR KANDANGAN

Kabid Perlindungan Masyarakat (Linmas) Rendra Karya, SE. M.Si yang mendampingi Tim A dibawah pimpinan Kabid Pembukuan dan Penagihan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kediri Titien Kususanti, SH. Mengatakan “kami disini hanya sebagai pendampingan dan juga bertugas untuk penyegelan bagi kios sesuai data yang sudah diberikan untuk kita segel” kata Rendra.

Hal ini ditegaskan oleh Kabid Peraturan Daerah (Perda) Susanto, SP mengatakan “dalam rangka menertibkan para pedagang yang ada di Pasar Kandangan, yang tidak memenuhi kewajiban untuk membayar restribusi, karena sudah lama juga sudah dilakukan pembinaan, penyuluhan tetapi tidak diindahkan, akhirnya dari Bappenda dan juga Satpol PP sebagai penegak Perda harus bertindak tegas”. Terangnya.

PASAR KANDANGAN 7

“sudah ada peringatan secara tertulis dari Bappenda selaku pengelola pasar, tetap tidak diindahkan dan kami juga dibantu dari Polsek Kandangan, mengambil sikap tegas bila perlu kalau memang hari ini dipanggil tidak bisa membaray pajak akan kita lakukan pengusiran, harapan kedepannya untuk para pedagang yang menggunakan lapak di pasar Kandangan itu nanti bisa memenuhi kewajibannya membarat retribusi kepada Pemerintah Daerah” tegas Susanto penuh harap.

Perlu kami tambahkan juga sekalian himbauan bagi pedagang yang ada di Pasar Kandangan maupun yang ada di pasar-pasar lain di Kabupaten Kediri bahwa maksud dan tujuan dari pengosongan tempat berdagang secara paksa sebagai tindakan untuk memaksa pedagang yang memiliki izin menempati dan tidak melaksanakan kewajiban yang telah diberikan berupa teguran secara lisan dan tertulis dan tetap tidak mau segera meningalkan kios/los yang ditempatinya.

PASAR KANDANGAN 8

Yang dimaksud dengan menggunakan kios/los tidak sesuai peruntukkannya adalah menggunakan bangunan kios/los tidak untuk kegiatan perdagangan. Yang dimaksud dengan peringatan baik peringatan lisan maupun peringatan tertulis adalah peringatan kepada pemegang izin yang tidak mematuhi kewajibannya baik secara langsung berupa teguran lisan yang apabila tidak diindahkandapat ditingkatkan menjadi peringatan tertulis ke-satu, ke-dua, dan ke-tiga. (Kominfo, Yrpd, Ans, Tj, Wk). #kedirilagihebat.

Comments   

 
0 #1 evan 2018-03-06 11:43
Pedagang2 liar masih bnyak di lantai 1 kenapa ga di tertibkan padahal mereka2 jlas2 mengganggu apalagi yang berjualan di depan tangga kok d biarkan saja itukan akses jln makanya lantai 2 jd sepi penggunjung.
Saking sepinya lantai 2 akhirnya sering jadi pangkalannya anak2 punk.kios di lantai 2 bnyak y gulung tikar sekitar 75persen tutup total.yang jualan tinggal sedikit skrang d kejar2 angsuran wah bakalan tutup semua tuuh.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

banner