Selasa, 20 Februari 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

3 Adiwiyata Nasional Untuk Kabupaten Kediri.

ADIWIYATA LH 3

Tentu anda masih ingat berita Verifikasi Adiwiyata Tingkat Nasional tahun 2017, untuk Kabupaten Kediri diwakili SMPN 1 Ngasem, SMPN 1 Gurah dan SMPN 2 Gurah, Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KLHK (P2SDM).

ADIWIYATA LH 1

“Alhamdulilah, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kediri, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan Calon Sekolah Adiwiyata Nasional dan kerja keras dari rekan-rekan SMPN 1 Ngasem, SMPN 1 Gurah dan SMPN 2 Gurah, telah menuai hasil yang baik, mereka semua lolos mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional 2017” kata Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri Mustika Prayitna Adi, S.Sos, MM. saat ditemui Tim Peliputan di Ruang Kerjanya Pemda Kabupaten Kediri (28/12)

ADIWIYATA LH 6

“Penerimaan Adiwiyata Nasional tahun 2017 pada tanggal 21 Desember 2017 di Lobby Auditorium Dr. Ir. Soejarwo, Gedung Area Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta dikemas dalam acara Gebyar Generasi Muda Indonesia Bela Lingkungan (Gemilang) yang diberikan oleh Ibu Menteri KLHK Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc yang diwakili Kepala Baden P2SDM Ir.Helmi Basalamah,MM, dari Kemendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP diwakili oleh Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kemendikbud Ir.Ananto Kusuma Seta, M.Sc, Ph.D bersama dengan Direktur Pembinaan SMP Kemendikbud Dr.Supriano, M.Ed.” terang Mustika.

ADIWIYATA LH 4

“tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih banyak kepada Tim Penilai dari KLHK Nurul Jannah salah satu Dosen IP B dan Citra Windi Yansen, semoga bisa kembali lagi ke Kabupaten Kediri menikmati Bumi Panji bersama rekan-rekan dari Kementerian LHK, kami tunggu kedatangannya." harap Mustika sambil tersenyum.

Sebetulnya sejak tahun 2006 Kementerian LH mencanangkan Program “Adiwiyata” sebagai tindak lanjut dari MoU antara Menteri LH dan Mendiknas yang bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup, melalui kegiatan pembinaan, penilaian dan pemberian penghargaan Adiwiyata kepada Sekolah, makna dari Adiwiyata adalah tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma sertaetika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

ADIWIYATA LH 2

Program Adiwiyata dilaksanakan dengan berdasarkan pada prinsif edukatif, partisipatif dan berkelanjutan, juga sebagai insentif dan bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang menuju komitmen dan mau bekerja keras untuk bisa memenuhi 4 komponen yang telah ditentukan yaitu pertama Kebijakan Sekolah berwawasan lingkungan.

Kedua Kurikulum Berbasis Lingkungan, ketiga Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif dan keempat Pengelolaan Sarana Prasarana Pendukung Ramah Lingkungan. Program Adiwiyata juga mendorong tumbuhnya sekolahan dengan tata kelola yang baik, dapat memberikan pembelajaran warga sekolah untuk bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

ADIWIYATA LH 5

Diharapkan dengan program Adiwiyata ini, warga sekolah diajarkan untuk peduli dan berbudaya lingkungan serta berkarakter cinta lingkungan. Sekolah Adiwiyata sebagai satu komunitas pendidikan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi pengelolaan lingkungan hidup. Berbagai upaya pengelolaan lingkungan yang dikembangkan di sekolah, seperti pembuatan biopori, sumur resapan, penghijauan, pembibitan TOGA, green house, pengomposan dan pengurangan serta pemilahan sampah.” Jelas Mustika

Jika seluruh kegiatan pengelolaan lingkungan hidup yang dikembangkan di sekolah dijumlahkan secara kumulatif, maka hal itu dapat menunjukkan kontribusi yang signifikan dari komunitas pendidikan formal dalam pengelolaan lingkungan hidup, hal lain seluruh kegiatan tersebut dapat mendorong terwujudnya generasi peduli dan berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional.

ADIWIYATA LH

“Jadi sekolahan yang sudah memenuhi kriteria diatas yang kami usulkan Calon Penilaian Adiwiyata, sebetulnya semua Sekolahan di Kabupaten Kediri sudah memiliki kriteria tersebut tapi masih perlu pembenahan lagi, dan untuk tahun 2018 mengacu pada Adiwiyata tahun 2017 sebagai pembelajaran juga acuan untuk mengadakan pembinaan pada sekolah yang nantinya akan mewakili Kabupaten Kediri bisa meraih Adiwiyata Nasional tahun 2017, dan sudah kami laksanakan verifikasi untuk tahun 2018”. Imbuh Mustika. (Kominfo, Yrpd, Tj, Wk).#kedirilagihebat

Add comment


Security code
Refresh