Tuesday, 23 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Anjal dan Gepeng Menjadi Penanganan Prioritas Satpol PP.

ANJAL 1

“Persoalan anak jalanan tidak pernah ada habis-habisnya. Patah tumbuh hilang berganti, mati satu tumbuh seribu. Pepatah-pepatah itu barangkali bisa menggambarkan betapa sulitnya mengurangi anak jalanan” Kata Rendra Karya, SE. M.Si saat ditemui Tim Peliputan sedang melakukan Operasi Anak Jalanan (Anjal) di Wilayah Kecamatan Pare dan Papar (19/12)

Kepala Satpol PP Kabupaten Kediri Kepala Satpol PP Agoeng Djoko Retmono, SH, MH diwakili duet Kabid yaitu Kabid Perlindungan Masyarakat (Linmas) Rendra Karya, SE. M.Si bersama Kabid Peraturan Daerah (Perda) Susanto, SP dengan pasukan yang mereka beri nama “KULL” kepanjangan dari Kuat, Ulet, Lugas dan Loyal akan tugas dan tanggungjawabnya.

Razia Anjal dan Gepeng (gelandangan dan Pengemis) dipimpin langsung Kabid Linmas Rendra Karya, SE, M.Si mengatakan “kami tadi sudah bergerak mulai dari Monumen SLG, menuju kearah Pare dan Papar, ditemukan 1 Gepeng dan 12 Anjal dengan usia masih remaja, dan sudah kami amankan untuk diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Kediri, supaya bisa diberikan pengarahan dan pemulangan Anjal sesuai dengan rumah mereka”, kata Rendra penuh semangat.

ANJAL 3

“kami bersama pasukan KULL, kembali turun ke jalan melakukan patroli rutin dan penertiban anak jalanan yang ada diwilayah Kabupaten Kediri. Patroli ini sedianya dilakukan rutin dengan jadwal yang tidak ditentukan, dengan kata lain patroli dan penertiban ini dapat dilakukan kapan saja.” Jelasnya.

“Penertiban ini bertujuan untuk menjadikan Kabupaten Kediri bersih dari anak jalanan, terlebih banyak informasi bahwa banyak anak jalanan yang melakukan aktifitas ngamen, mengemis, membersihkan kaca mobil atau aktifitas lain yang mendatangkan rupiah, kebanyakan anak-anak tersebut berasal dari luar Kabupaten Kediri” terang Rendra.

Kabid Perda Satpol PP ) Susanto, SP juga menambahkan “Disamping para pendatang, ada juga mereka yang menjadi anak jalanan karena ditelantarkan oleh orang tuanya. Mereka berjuang sendiri untuk hidup yang tak kenal belas kasihan ini, Menghadapi gelombang anak jalanan yang begitu besar, Pemerintah Kabupaten Kediri sebenarnya telah melakukan berbagai upaya. Dari upaya penertiban, pembinaan, pemberian pelatihan-pelatihan hingga penyediaan rumah singgah bagi mereka.” Katanya

ANJAL 2

Namun, sepertinya upaya-upaya yang telah dilakukan tersebut belumlah cukup. Saat ini masih begitu mudahnya kita temukan anak-anak jalanan di sekeliling kita. “Pemerintah nampaknya harus bekerja lebih keras lagi. Undang-Undang Dasar mengamanatkan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara negera. Artinya sesungguhnya mereka yang hidup terlantar (termasuk anak-anak yang hidup di jalanan) juga harus menjadi perhatian negara. Namun, harus juga dipahami bahwa kemampuan negara saat ini mamanglah masih terbatas.” Jelas Susanto. (Kominfo, Yrpd, Tj, Wk) #kedirilagihebat.

Add comment


Security code
Refresh

banner