Senin, 19 Februari 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Satpol PP Gelar Operasi Tertib IMB

IMB POL PP 3

Penertiban terus dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kediri, baik terhadap Operasi Tertib Miras, Operasi Pasar juga kali ini di Gelar Operasi Penertiban IMB (Ijin Memdirikan Bangunan) diantaranya IMB Bangunan Rumah, Toko di Wilayah Kecamatan Gurah dan Pare. (11/12)

Kepala Satpol PP Agoeng Djoko Retmono, SH, MH melalui Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Rendra Karya, SE, MM saat ditemui Tim Peliputan menatakan “sebagai wujud penegakan juga penertiban IMB berdasarkan Perda No. 6 Tahun 2011, kami melakukan kegiatan Operasi ini, dengan tujuan agar bangunan yang didirikan oleh masyarakat dapat tertata dengan baik dan memenuhi persyaratan, layak digunakan, dan tidak merusak lingkungan, Kata Rendra

IMB POL PP 1

“Upaya ini untuk mewujudkan program pembangunan atau pengembangan kota serta manfaat ruang kota secara optimal, seimbang dan serasi agar tercipta kondisi daerah yang tertib dan teratur sesuai dengan Perda yang berlaku tentang IMB. Dalam pelaksanaannya, pembangunan merupakan suatu proses yang berkesinambungan. Jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan juga kepada pemilik Ruko dan Bangunan yang belum memiliki IMB bahwa “Pembangunan perlu didukung oleh sumber dana, sumber daya alam, dan sumber daya manusia. Salah satu pembangunan yang dilakukan di setiap Kabupaten/Kota  adalah penataan terhadap bangunan dengan mewajibkan tiap bangunan memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)”, himbau Rendra.

“disamping itu juga Manfaat IMB bagi masyarakat supaya bangunan yang memiliki IMB dapat meningkatkan nilai ekonomis bangunan, dapat dijadikan sebagai jaminan atau agunan, dari aspek legalitas mendapat perlindungan hokum, tambahnya.

IMB POL PP 4


Pembangunan sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 adalah untuk meningkatkan kesejahteraan umum pada setiap bidang kehidupan rakyat pembangunan disetiap aspek ini tiada lain untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur, merata materiil maupun spirituil berdasarkan Pancasila.

IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. IMB merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum.

IMB POL PP

“Kewajiban setiap orang atau badan yang akan mendirikan bangunan untuk memiliki Izin Mendirikan Bangunan diatur pada Perda No. 6 Tahun 2011, IMB akan melegalkan suatu bangunan yang direncanakan sesuai dengan Tata Ruang yang telah ditentukan. Selain itu, adanya IMB menunjukkan bahwa rencana kostruksi bangunan tersebut juga dapat dipertanggungjawabkan dengan maksud untuk kepentingan bersama”, Imbuh Rendra. (Kominfo, Yrpd, Tj, Wk).

Add comment


Security code
Refresh