Kamis, 18 Januari 2018

BPBD Kabupaten Kediri Gelar Apel Siaga Bencana

BPBD Kabupaten Kediri menggelar acara Apel Siaga Penanggulangan Bencana dan Launching Aplikasi SILAPNA (Siap Laporkan Bencana) di Lapangan Simpang Lima Gumul, Jumat (22/12). Tema yang diangkat dalam acara ini membangun ketangguhan dan kemandirian masyarakat Kabupaten Kediri dalam penanggulangan bencana.

BPBD 2Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Sekda Kediri, H. Supoyo, SH, MSi Sementara Komandan Upacara adalah Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agatha. Peserta upacara terdiri dari BPBD, TNI, POLRI, Satpol PP, Trenggana,Relawan Tanggap Bencana dan Polisi Hutan.

Bupati Kediri dalam amanatnya yang dibacakan Sekda Kediri menyampaikan, kegiatan ini sangat tepat dan strategis karena saat ini kita memasuki musim hujan yang membutuhkan kesiapsiagaan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana. Melihat musibah bencana utamanya banjir dan tanah longsor akhir-akhir ini di beberapa daerah terjadi begitu massif dan menyebabkan jatuhnya korban jiwa, harta benda dan merusak infrastruktur.

BPBD 3“Saat ini saya ingin apresiasi perhatian BPBD Kabupaten Kediri melalui programnya bidang pencegahan dan kesiapsiagaan dalam mengalokasikan kegiatan diantaranya pembinaan daerah rawan bencana, pembentukan tim siaga bencana desa dan kecamatan, sekolah siaga bencana, pembentukan desa tangguh bencana, pembentukan desa bersaudara, pembuatan aplikasi yakni Silapna (siap laporkan bencana). Semua itu merupakan wujud perhatian pemkab Kediri dalam membrikan perlindungan terhadap potensi bencana.” Terangnya.

BPBD 4Terkait launching aplikasi SILAPNA, Plt. Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agatha mangatakan kecepatan dan akurasi kejadian bencana sangatlah penting dalam menentukan dampak kejadian bencana. Oleh karena itu BPBD launcing Silapna berbasis android dapat diunduh melalui playstore secara gratis.

"Diharapkan masyarakat berperan aktif melaporkan bencana yang terjadi kesempatan ini. Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama. sinergitas antar stake holder dan masyarakat sangat penting. Kikis habis ego sektoral masing-masing dalam melaksakan penanggulangan bencana merupakan misi kemanusiaan.”

BPBD 1Dalam kesempatan ini Pemerintah kabupaten Kediri memberikan apresiasi Desa Sempu Kecamatan Ngancar yang telah berhasil meraih penghargaan sebagai Desa Terbaik Kategori Utama Bidang Perencanaan dan Kelembagaan alam Lomba Desa / Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan ini diberikan oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, 18 September Di Surabaya kepada Kepala Desa Sempu, Eko Suroso. (Kominfo/yda,fz)