Tuesday, 25 September 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan Roda Perekonomian Masyarakat

Prestasi gemilang kembali diraih Pemerintah Kabupaten Kediri. Rabu (20/12), Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno menerima penghargaan dari Jawa Pos Radar Kediri pada Kategori Kepala Daerah Bidang Pembangunan. Penghargaan ini hanya berselang sehari setelah sebelumnya Pemkab Kediri menerima penghargaan Kategori Citizen Journalism dari Radio Andika FM dalam acara Andika Award Tahun 2017.

radar kediri award1Acara tersebut dihadiri oleh tokoh, instansi, lembaga pendidikan, dan perusahaan yang memiliki peranan besar di Kota Kediri, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ngajuk. Mereka merupakan peraih penghargaan dari 34 kategori.

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Radar Kediri Tauhid Wijaya pada acara Jawa Pos Radar Kediri Award di Hall Kilisuci Grand Surya Hotel Kediri. Komitmen Bupati Kediri dalam membangun infrastruktur di desa-desa khususnya pembangunan infrastruktur untuk pertanian, mengantarkan beliau meraih penghargaan tersebut. Pembangunan infrastruktur terlihat dari berbagai sarana prasarana jalan dan jembatan yang dibangun. Semuanya untuk meningkatkan roda ekonomi masyarakat, khususnya di sektor pertanian.

radar kediri award2Jika dulu banyak daerah ‘terisolir’, kini daerah tersebut memiliki akses jalan yang sangat memadai. Bila dulu warga mengandalkan jembatan sesek untuk menuju sentra perdagangan, kini jembatan itu telah berganti dengan yang permanen. Hal ini membuat transportasi komoditas pertanian semakin lancar. Petani pun mengalami peningkatan penghasilan.

“Kita ketahui bahwa 85% penduduk Kabupaten Kediri adalah petani. Di beberapa tempat banyak petani yang kesulitan mengambil hasil pertanian karena tidak ada akses kesana, kalaupun ada hanya jembatan sesek. Pembangunan infrastruktur kami lakukan untuk membantu mereka dan tahun 2012 sudah tidak ada lagi jembatan sesek. Caranya bagaimana? Desa diberi material untuk membangun jembatan permanen, selebihnya dilengkapi oleh warga, termasuk tenaga pengerjaannya,” terang Bupati Kediri dalam sambutannya.

radar kediri award3Tidak hanya concern pada infrastruktur, dr. Hj. Haryanti Sutrisno juga menekankan agar petani tidak tergantung dengan bahan-bahan dari luar, seperti pupuk kimia. Beliau mendorong mereka untuk merubah pertanian dari kimia menjadi organik, mulai dari bibit, pupuk maupun pestisida. “Dengan pertanian organik ini ongkos produksi lebih murah, menghasilkan beras yang lebih sehat dengan harga lebih tinggi. Ini sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi agar lahan pertanian organik untuk diperluas,” lanjutnya.

radar kediri award4Selain Bupati Kediri, ada dua tokoh dari Kabupaten Kediri yang juga menerima penghargaan malam itu. Mereka adalah Suminarwati Sundoro pemilik Joglo Suminar dan Mr. Kallend Osen selaku owner Basic English Course (BEC). Suminarwati berhasil meraih penghargaan pada Kategori Batik Kediri Terhitz, sedangkan Mr. Kallend Osen meraih penghargaan Kategori Pelopor Kampung Bahasa. (Kominfo/tee,lks,an,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner