Wednesday, 25 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tonting Infanteri Yudha Wastu Pramuka Jaya ke 69.

TONTING INFANTERI

Terdengar gegap gempita penuh semangat yel-yel “ayo maju macan kumbang, ayo bangkit macan kumbang”, dalam rangka memperingati HUT Infanteri yang dikemas dengan Gerak Jalan Pleton Beranting (Tonting) dan Upacara Penyerahan Simbol Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya Tahun 2017 di Lapangan Desa Mlati Kecamatan Mojo. (18.12).

TONTING INFANTERI 6

Sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Kediri Drs.H.Masykuri, MM dan tampak hadir Komandan Brigif 16/Wira Yudha Letkol Inf Dadang Hendra Yudha, Forpimda Kabupaten dan Kota Kediri, Muspika Kecamatan Mojo bersama Kepala Desa Se Kecamatan Mojo didukung juga dari anak-anak pramuka asuhan Brigif 16 Wira Yudha.

TONTING INFANTERI 2

Wakil Bupati Kediri Drs.H.Masykuri, MM dalam sambutannya membacakan sambutan Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno mengatakan bahwa “pada saat ini kita semua bisa mengikuti Upacara Serah terima Yudha Wastu Pramuka Jaya di Daerah Kabupaten Kediri, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri dan selaku pribadi saya mengucapkan selamat datang kepada Pleton Yuda Wastu Pramuka Jaya Ke 69” katanya

“kalian semua telah melaksanakan tugas dengan penuh semangat dan membanggakan bagi satuan maupun Korps Infanteri secara umum, sebagai Prajurit Infanteri kebanggaan terhadap Korps haus tertanam dalam hati sanubari setiap Prajurit Infanteri, karena kelahiran Infanteri tidak terlepas dari sejarah pertumbuhan TNI Angkatan Darat, yang telah ikut serta mengisi Sejarah Perjuangan Bangsa, dengan Tinta Emas untuk memenuhi tuntutan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945”. Jelas Masykuri.

TONTING INFANTERI 5

Tekad dan semangat para Pahlawan Pejuang Bangsa pada waktu itu semata-mata, demi tetap tegaknya cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, yang telah dibuktikan dalam suatu ajang pertempuran yang dasyat di Kota Ambarawa, antara pejuang kita yang dimpin oleh Jenderal Sudirman berhadapan dengan para penjajah.

“Meskipun pasukan pada saat itu hanya berjalan kaki, dan menggunakan perlengkapan yang sangat terbatas namun karena dorongan tekad dan semangat juang yang tinggi dalam mempertahankan kemerdekaan akhirnya pasukan kita yang berjuang untuk rakyat, berhasil memukul mundur tentara sekutu dan merebut Kota Ambarawa” tambahnya.

TONTING INFANTERI 8

Dengan suatu kemenangan yang gemilang pada tanggal 19 Desember 1948, jadi secara rutin peringatan Hari Infanteri selalu melakukan gerak jalan Pleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya, juga dibacakan amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman dengan maksud untuk menanamkan semangat juang, bagi generasi penerus TNI, khususnya TNI AD dan jiwa keprajuritan serta mewariskan nilai-nilai 1945, juga untuk meningkatkan kemanunggalan TNI Rakyat, bagi prajurit untuk mendapatkan kemampuan fisik khususnya kemampuan berjalan kaki serta meningkatkan disiplin dan jiwa Korps Infanteri.

TONTING INFANTERI 1

“Gerak jalan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya diikuti pula oleh berbagai lapisan masyarakat, hal ini mencerminkan bahwa semakin mantapnya kemanunggalan TNI dengan rakyat, akhirnya saya ucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat, yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan selamat kembali ke kesatuan bagi Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ke 69, perhatikan factor keselamatan dijalan yang harus diutamakan dan selamat bertugas.” Tambah Masykuri.

TONTING INFANTERI 9

“Dirgahayu Infanteri” imbuhnya, acara dilanjutkan dengan penyerahan Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya yang akan dibawa mulai dari Lapangan Desa Mlati Kecamatan Mojo menuju GOR Kota Kediri dan dilanjutkan ke SLG Kabupaten Kediri dengan berjalan kaki. Dalam penyerahan simbol ini juga dikenalkan pasukan tradisional jaman dulu yang ikut pertempuran Jenderal Sudirman dalam mengusir Belanda. (Kominfo, Yrpd, Fz, Tj,Wk). #kedirilagihebat.

Add comment


Security code
Refresh