Tuesday, 14 August 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Teladani dan Teruskan Perjuangan Mayjen. TNI (Purn) Prof. Dr. Moestopo

Senin, 18 Desember 2017 menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Kecamatan Ngadiluwih. Pada tanggal tersebut dilaksanakan peresmian Monumen Patung Pahlawan Nasional Mayjen. TNI (Purn) Prof. Dr. Moestopo di Taman Ngadiluwih. Pahlawan nasional yang berkontribusi besar baik sebelum, saat dan sesudah kemerdekaan ini adalah putra daerah kelahiran Ngadiluwih tanggal 13 Juni 1913. Berdirinya monumen patung pahlawan nasional di tanah kelahirannya ini menjadi pengingat atas perjuangan dan jasa besarnya bagi bangsa dan negara.

mustopo

Peresmian patung Mayjen. TNI (Purn) Prof. Dr. Moestopo ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa. Hadir pada acara ini Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Ketua Pembina Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo Dr. H. Hermanto JM, drg, MM. beserta jajaran rektorat, keluarga Alm. Prof. Dr. Moestopo, para Kepala SKPD Pemkab Kediri serta tokoh-tokoh LVRI.

“Mayjen TNI (Purn.) Prof. Dr. Moestopo merupakan sosok yang telah banyak berjasa, tidak hanya bagi Kabupaten Kediri sebagai tempat kelahirannya, namun juga bagi bangsa dan negara. Pengabdiannya sebagai seorang tokoh militer PETA dan tokoh akademisi yang mendorong lahirnya Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), tentu saja memberikan sumbangsih yang sangat berarti dan tak ternilai bagi bangsa Indonesia,” kata Bupati Kediri.

moestopo 2

Menurut beliau, memiliki putra daerah yang menjadi salah satu pahlawan nasional menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kediri Kebanggaan ini diharapkan menjadi inspirasi, sekaligus motivasi bagi generasi muda, khususnya di Kabupaten Kediri, untuk melakukan yang terbaik. Pembangunan monumen patung pahlawan nasional ini tidak hanya sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada Mayjen TNI (Purn.) Prof. Dr. Moestopo, namun juga sebagai inspirasi kepada kita semua untuk meneladani dan meneruskan perjuangan beliau dalam membangun bangsa dan negara,” lanjutnya.

moestopo 3

Sementara itu Mensos RI Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya meneladani sosok Mayjen TNI (Purn.) Prof. Dr. Moestopo. Pesan penting dari perjuangan beliau baik di bidang militer maupun pendidikan adalah bagaimana menjaga NKRI, UUD 1945, kebinnekaan dan menjalankan sila-sila Pancasila.

“Yang ingin saya sampaikan adalah bagaimana kepahlawanan hari ini harus kita tunjukkan. Jika anak-anak muda di Kabupaten Kediri belajar keras, mendedikasikan ilmunya dengan baik dan bekerja dengan baik, tentunya mereka sudah menjadi pahlawan bagi lingkungan profesi yang ditekuninya,” urai Mensos Khofifah.

moestopo 1

Semua hal yang sudah dilakukan para veteran, lanjut Mensos Khofifah, tentunya ingin terus diperjuangkan, dijaga dan dikembangkan dengan baik. Monumen patung pahlawan nasional ini menjadi pengingat bahwa kemerdekaan tidak diraih sebagai hadiah, melainkan dengan tumpah darah dan cita-cita mulia para pendiri bangsa. “Saya berharap Monumen Patung Pahlawan Nasional Mayjen. TNI (Purn) Prof. Dr. Moestopo dapat menjadi referensi bersama seluruh bangsa bahwa keteladanan, kejuangan dan pengorbanan harus terus dibangun dalam bentuk apapun dan dimanapun berada,” katanya.

moestopo 4

Monumen Patung Pahlawan Nasional Mayjen. TNI (Purn) Prof. Dr. Moestopo ini merupakan hibah dari Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo kepada Pemerintah Kabupaten Kediri. Penandatanganan Berita Acara Penerimaan hibah dilakukan oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan Ketua Pembina Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo Dr. H. Hermanto JM, drg, MM. Selain peresmian monumen patung juga digelar bakti sosial dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), yang diisi dengan penyerahan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Tak ketinggalan digelar pula penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut oleh para dosen serta mahasiswa FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo. (Kominfo/tee, lks, tj, wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner