Tuesday, 16 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

500 KPM terima bantuan dari Kemensos RI

KOFIFAH KEPUNG 5

Penyaluran bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Video Converence Apreciation Day PKH oleh Menteri Sosial RI Kofifah Indar Parawansa digelar Oleh Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial Kabupaten Kediri di Kantor Kecamatan Kepung dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (18/12).

Sekitar 500 orang penerima bantuan tumplek blek memadati Kantor Kecamatan Kepung, tampak hadir dalam acara tersebut Dirjen Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Kemensos RI Bambang Mulyadi, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Kemensos RI, Pimpinan Wilayah BNI Malang Head Off Consumer Banking BNI Bonnie Kusuma, Kepala Dinas Sosial Prov.Jatim, Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri H.Supoyo, SH.MM, Kepala SKPD se Kabupaten Kediri, Muspika dan Ketua TP-PKK Kecamatan Kepung beserta Anggota PKH Kabupaten Kediri.

KOFIFAH KEPUNG 2

Uniknya acara ini setelah menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya mereka semua menyanyi Mars PKH dengan penuh semangat “PKH Program Keluarga Harapan, membangun keluarga sejahtera, rakyat cerdas rakyat sehat, kita bangun Indonesia Hebat” disambut dengan yel-yel PKH, Salam PKH !! “Meraih Keluarga Sejahtera”, Anak Indonesia!! “Sehat dan Pintar”, Keluarga PKH!! “Produktif Sejahtera”, Pendamping PKH!! “Luar Biasa” Operator PKH!! “Luar Biasa”.

“Are You Ready, Yes… Check.. Check.. Check.. Detail.. detail.. detail… yes.. yes.. yes.. lalu semua bertepuk tangan” meriah sekali walaupun suasana panas tetapi tidak meyurutkan peserta untuk mengikuti jalannya acara. Yang terharunya pembacaan puisi dari anak berprestasi PKH Bachtiah Agung W dengan tema “Harapan”.

KOFIFAH KEPUNG 4

Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri H.Supoyo, SH, M.Si dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Bupati Kediri dr.Hj.Hayanti Sutrisno, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri dan Masyarakat Kabupaten Kediri “menyampaikan ucapan selamat datang, kepada Ibu Menteri Sosial RI Ibu Kofifah Indar Parawansa, beserta jajarannya di Kabupaten Kediri”.

Terkait dengan Bansos Non Tunai PKH, ada beberapa hal “yang pertama Kabupaten Kediri terdiri dari 26 Kecamatan dan 343 Desa 1 Kelurahan, dari seluruh Kecamatan dan Desa tersebut, pada TA 2017 terdapat 43.762 Keluarga Penerima Manfaat (KPM-PKH), mulai penyaluran bansos yang pertama hingga tahap ketiga telah tercapai 93,3%, dan sisanya akan disalurkan pada tahap ke empat (hari ini)”. kata Supoyo.

“Oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada Kemensos Ri, yang telah mengalokasikan dana bansos tersebut, serta kepada Bank BNI sebagai bank penyalur dan para pelaksana PKH lainnya,” jelas Supoyo membacakan Sambutan Bupati Kediri, yang kedua perluasan KPM PKH TA 2018 sejumlah 44.254 KPM, sehingga total KPM mencapai 88.016 KPM, dimana saat ini sedang dilakukan validasi oleh para Pendamping PKH.

KOFIFAH KEPUNG 8

“Kami berharap, kepada semua pihak terkait khususnya Tim Koordinasi Teknis PKH, maupun para pendamping PKH bisa melaksanakan Validasi secara obyektif, agar Bansos bisa tepat sasaran” terangnya. Dilanjutkan yang ketiga pada TA 2017 dilaksanakan verifikasi dan validasi, verifalin terhadap Rumah Tangga Miskin (RTM), dalam Basis Data Terpadu (BDT) sejumlah 140. 025 RTM.

Data ini merupakan hasil penyandingan BDT Kemensos RI dan lainnya ditambah jumlah mengajuan dari Dinas Sosial Kabupaten Kediri, keempat seiring dengan semakin meningkatnya beban tugas Pelaksana PKH, Pendamping PKH, “kami mendapat alokasi tambahan pendamping untuk TA 2018, sehingga total pelaksanaan PKH mencapai 238 orang, diperkirakan jumlah tahun 2018, 1 orang pendamping akan mendampingi sekitar 350 KPM, untuk itu kepada para pemdamping PKH diharapkan bisa bekerja lebih maksimal, dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan”. Jelas Supoyo.

KOFIFAH KEPUNG

Yang kelima untuk TA 2017 Kabupaten Kediri mendapat alokasi bansos kepada E-Warong KUBE sejumlah 15 unit, masing-masing unit mendapatkan bansos senilai 30 juta, “kami berharap para pengurus E-Warong KUBE dapat memanfaatkan bansos ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan petunjuk pelaksanaannya”. Imbuhnya.

Selanjutnya laporan Dirjen Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Kemensos RI Bambang Mulyadi, juga melihat Video Filler Bantuan Sosial Non Tunai, juga sambutan Pimpinan Wilayah BNI Malang Head Off Consumer Banking BNI Bonnie Kusuma tentang penyaluran bansos yang langsung diterima oleh KPM melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang bisa digunakan untuk penyaluran bantuan social secara non tunai seperti program beras sejahtera.

KOFIFAH KEPUNG 1

Selain itu juga kartu ini bisa digunakan dan disinergikan untuk penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH), kartu Debit ini bisa digunakan untuk melakukan penarikan tunai di agen E-Warong, agen-agen Bank, ATM dan seluruh unit kerja BNI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sambutan dari Mensos RI Kofifah Indar Parawansa dengan penuh keramahan menyapa semuanya sambil berjalan melihat dari dekat 500 KPM, sambil melemparkan pertanyaan-pertanyaan, “bagaimana anak saya yang prestasinya bagus, untuk bisa melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi” juga memberikan motivasi agar anak-anak KPM bisa melanjutkan sekolah yang lebih tinggi lagi.

KOFIFAH KEPUNG 7

Masih di Pandu Mensos RI Kofifah Indar Parawansa wawancara atau temuwicara online jarak jauh dari PKH di Kabupaten Banjar (Kalsel), PKH Surabaya, PKH Sleman – Jogyakarta dan PKH Minahasa dengan PKH Kabupaten Kediri, secara terus terang PKH Kabupaten Banjar minta tambahan modal untuk produk olahan KPM “kalau ada KPM-PKH yang punya bakat bikin usaha ekonomi produktif atau kelompok usaha bersama, lalu mereka butuh tambahan modal, tolong bisa diprioritaskan, disampaikan kepada Kementerian Sosial RI, kalau mau berkelompok minimal 10 orang bisa mendapatkan modal sebesar 20 juta, ini tidak hutang tapi hibah” kata Kofifah disambut tepuk tangan dari seruruh hadirin.

Penyerahan bantuan secara simbolis KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) kepada 10 orang RTM Ibu Nanik Surini, Ibu Uswatun Khasanah, Ibu Jamiyah Zahro, Ibu Binti Masruroh, Ibu Nur Aini, Ibu Anis Setyowati, Ibu Purwanti, Ibu Tirah, Ibu Kusmiati, Ibu Sunarsi dan 10 anak KPM Apresiasi bagi anak berprestasi dari Keluarga PKH, Bachtiar Agung W saat ini bersekolah di SMPN Kandangan dengan prestasi sebagai Juara 1 Cipta lomba puisi Tingkat Provinsi Tahun 2016

KOFIFAH KEPUNG 6

Rahmaudina Arvida bersekolah di SMK 17 Pare dengan prestasi sebagai Juara Olimpiade Matematika Tingkat Provinsi Tahun 2016, Rima Maulidyah MTSN Sunan Ampel dengan prestasi sebagai Juara 1 Tenis Meja Tingkat Provinsi Tahun 2015, Aminatut tahliyah MTSN Jombang Kauman Kepung dengan prestasi juara tiga Olimpiade Fisika Tingkat Kabupaten Tahun 2016, Nauval Auliya SDN Dhamarwulan 4 Kepung dengan prestasi Juara 1 membatik Tingkat Kabupaten Tahun 2016, Firda Arina Azizah MTSN Kepung dengan prestasi sebagai Juara 2 Tenis Meja Tingkat Kabupaten Tahun 2015.

Nur oktavia MTS Jombang Kauman Kepung dengan prestasi sebagai Juara Seni tari Tingkat Kabupaten Tahun 2016, Moch Yusril Arkhan MAN Kandangan dengan prestasi sebagai Juara Hafidz Alquran 30 Juzz Tingkat Kabupaten Tahun 2013, Lucas bimantoro SMPN 2 Ngancar dengan prestasi sebagai Juara 1 Seni tarik suara pelajar dari SD – SMP Tingkat Kabupaten Tahun 2012 – 2015 dan Maudy Kurnia SMPN 1 Wates dengan prestasi sebagai Juara 1 Pencak Silat Pra Remaja Tingkat Kabupaten Tahun 2016. Juga diserahkan Bea Siswa kepada anak-anak berprestasi berupa tabungan masing-masing sebesar 250 ribu rupiah persembahan dari Bank BNI.

KOFIFAH KEPUNG 9

Acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Penyerahan dan Penyaluran bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) ditandai dengan pemukulan kentongan bersama-sama juga ada penyerahan Buku “Obor” dan ditandatangani oleh Ibu Mensos RI, dilanjutkan dengan menyaksikan simulasi penarikan yang dapat dilakukan melalui Agen Bank BNI dan Mobil BLG. (Kominfo, Yrpd, Fz, Tj, Wk). #kedirilagihebat.

banner