Monday, 25 June 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tingkatkan Konsumsi Ikan dengan Gemarikan

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kembali digelar. Kali ini, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan menyelenggarakan Gemarikan Tahun 2017 di Artha Buana Asri Desa Krecek Kecamatan Badas, Rabu (13/12). Pada kegiatan ini dilaksanakan sosialisasi dan lomba anak mewarnai yang diikuti oleh 130 siswa PAUD se-ex Korcam Pare dan Papar.

gemarikan 3

Sejak pagi, para siswa PAUD berdatangan bersama orang tua dan guru pendamping. Dengan tertib mereka menempati tempat yang telah disediakan, menata meja dan mengeluarkan crayon. Setelah menerima kertas mewarna, mereka mulai mewarnai gambar dua anak dengan tulisan Ayo Makan Ikan. Ada yang rapi, ada pula yang melebihi garis gambar. Tingkah polah mereka yang lucu dan lugu mengundang senyum guru pendamping dan panitia.

Di tempat lain, para orang tua mengikuti sosialisasi gemar mengkonsumsi ikan yang disampaikan oleh Achmad Shidiq dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Ia menjelaskan bahwa ikan merupakan sumber protein hewani yang memiliki kandungan gizi tinggi khususnya Omega 3 dan Omega 6 yang berfungsi untuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak. “Dengan mengkonsumsi ikan sejak usia dini, maka kecerdasan anak bisa lebih meningkat,” terangnya.

gemarikan 1

Tidak hanya mendengarkan paparan pentingnya mengkonsumsi ikan, orang tua yang sebagian besar adalah para ibu ini pun menerima buku resep aneka menu olahan ikan. Buku ini merupakan hasil kegiatan lomba cipta menu olahan ikan Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Kediri.

Ketua Forikan Kabupaten Kediri Rosyida Masykuri pada kesempatan tersebut berharap kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan secara teratur, menjadikan variasi dalam menu makanan sehari-hari untuk menunjang kesehatan dan kecerdasan. “Semoga ibu-ibu lebih bersemangat dan berkreasi dalam menyajikan menu masakan berbahan ikan yang dapat meningkatkan selera makan keluarga, dan dapat memotivasi anak-anak untuk suka makan ikan, sehingga tujuan mencerdaskan generasi yang akan datang dapat terwujud,” ungkapnya.

gemarikan 2

Beliau pun mengatakan bahwa guna mendukung suksesnya Gemarikan di Provinsi Jawa Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur mengadakan ajang pemilihan Duta Gemarikan yang juga diikuti oleh perwakilan dari Kabupaten Kediri. “Ananda Delanda Pramuwidia dari Kabupaten Kediri berhasil meraih Juara Harapan 2. Semoga Ananda bisa turut serta aktif membantu Pemerintah Kabupaten Kediri dalam mengkampanyekan Gemarikan,” kata Rosyida Masykuri.

Ditemui di tempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Perikanan Nur Hafid, SPt, MM. mengatakan selain untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Kediri, penyelenggaraan Gemarikan diharapkan dapat mempromosikan potensi dan meningkatkan peluang pasar produk perikanan di Kabupaten Kediri.

gemarikan 4

“Jika sebelumnya produksi ikan di Kabupaten Kediri 14 juta ton/tahun, maka tahun ini target kami 20 juta ton/tahun. Peningkatan produksi ikan juga harus diiringi dengan promosi dan bagaimana meningkatkan konsumsi masyarakat Kabupaten Kediri. Selama ini tingkat konsumsi ikan masih rendah, yaitu 19.1 kg/kapita/tahun. Target kami tahun ini meningkat menjadi 20 kg/kapita/tahun,” pungkasnya. (Kominfo/tee, yda, lks, tj, wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner