Sabtu, 16 Desember 2017

Agustina Hutagalung, Kagum Dengan UMKM Kabupaten Kediri

Agustina Hutagalung Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) wilayah Jawa Timur Kagumi produk UMKM Kabupaten Kediri. Saat melaksanakan kunjungan kerja di Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri dalam rangka acara Supervisi Ikatan Adhyaksa Darmakarini wilayah Jawa Timur ke Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Sekoordinator Kediri. Acara tersebut berlangsung di Kantor Kejaksaan Kabupaten Kediri jalan Pamenang Nomor 3 Kabupaten Kediri (05/12).

Agustina Hutagalung Kagumi UMKM Kab. Kediri 1Setelah ceremonial pembukaan acara selesai, para tamu dan peserta Supervisi diajak mengelilingi stand UMKM yang telah disediakan. Ada sekitar 15 UMKM, mulai dari Kerajinan Sulaman tangan Lavecchia dari Sidorejo Pare, Ghiza Snack House dari desa Bedug Ngadiluwih, Ning Craft Desa Bangkok Kec. Gurah, Sepatu Kediri Lagi Ibu Partiyah  dari Gedang Sewu Pare hingga durian lokal Kediri juga tersedia disini.

Ide cemerlang ini diprakarsai Subroto, SH,MH Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri yang menampilkan Stand UMKM sebagai sarana promosi agar produk olahan Kabupaten Kediri semakin dikenal dilingkungan Kejaksaan dan dimasyarakat luas pada umumnya.

Agustina Hutagalung Kagumi UMKM Kab. Kediri 2Satu persatu dilihat dan dicicipi para ibu IAD tersebut, tak tanggung-tanggung Ibu Agustina Hutagalung memesan hampir semua produk untuk oleh-oleh keluarga dirumah. Beliau memesan Sulaman tangan satu set sarung bantal dan taplak meja. Tidak itu saja gelang genetri dari Ning Craf juga dibawa pulang, sepatu dari UMKM pare, meri-meri dari Toyoresmi dan produk GTT juga dibawa pulang.

Setelah puas mengelilingi stand UMKM ibu Agustina Hutagalung mengatakan Kabupaten Kediri sungguh luar biasa, ternyata disini produk-produk UMKM sangatlah lengkap dan bervariasi jenisnya. Masyarakatnya pun juga sangat kreatif dalam berinovasi membuat kerajinan dan berbagai olahan makanan yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Kediri. Lihat saja sayur “pare” yang rasanya pahit mampu diolah menjadi keripik yang renyah dan gurih, saya sangat kagum melihatnya.

Agustina Hutagalung Kagumi UMKM Kab. Kediri 3Dengan semakin banyaknya para pelaku UMKM disini secara otomatis perekonomian masyarakat juga semakin meningkat. Jika UMKM ini semakin besar, pastinya akan pula membutuhkan banyak tenaga kerja yang membuat jumlah pengangguran di Kabupaten Kediri semakin menurun. Jelasnya

Subroto SH, MH Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri mengatakan kami sengaja mengemas acara dengan menampilkan UMKM tujuannya adalah untuk ikut memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten Kediri. Tentunya dengan produk-produk unggulan ini mampu memacu masyarakat untuk meningkatkan ekonomi yang lebih baik.

Agustina Hutagalung Kagumi UMKM Kab. Kediri 4Kedepannya setiap ada kegiatan di lingkup Kejaksaan kami akan selalu menampilkan produk-produk tersebut. Tujuan kami hanyalah untuk memperkenalkan inilah Kabupaten Kediri dengan sejuta potensi yang ada. Selain produk UMKM, kepada para tamu kami juga mengenalkan pariwisata yang ada di Kabupaten Kediri seperti Gunung Kelud. Beberapa tamu yang datang kesini sudah kami ajak menikmati indahnya panorama matahari terbit di Gunung Kelud. Selain wisata alam juga kami ajak menikmati situs-situs peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten Kediri. Terang Subroto (Kominfo/lks,fz,ans,us,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM