Senin, 19 Februari 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pecanangan Kampung KB, Sukses Menekan Angka Kelahiran di Kabupaten Kediri

Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) 2017 ini merupakan program yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo yaitu pembangunan dari dari pinggir yaitu pembangunan mulai dari desa yang terletak dipelosok yang kemudian program tersebut menuju ke masyarakat yang berada di kota. Program kampong KB ditujukan untuk pelaksanaan program KKBPK yaitu pembangunan, pembangunan kependudukan dan keluarga berencana di Kabupaten Kediri dimana kegiatan ini akan diintegrasikan untuk kesuksesan program kampong KB.

pencanangan Kampung KB 2Terutama pada kegiatan penurunan angka kelahiran untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Kediri. Di Kabupaten Kediri sudah terbentuk kampong KB sebanyak 27 desa  yang berada disetiap kecamatan, hebatnya di kecamatan Gurah sudah memiliki 2 kampung KB. Harpan kami kedepannya desa-desa di Kabupaten Kediri yang belum terbentuk kampong KB agar segera melaksanakan program tersebut. Terang Kaleb Untung Satrio Wicaksono sebagai Koordinator penyelenggara pencanangan kampung se Kabupaten Kediri.

Hari ini, Senin (4/12) pemerintah Kabupaten melaui DP2-KB-P3A (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak) melaksanakan Kegiatan Pencanangan Kampung KB di Balai Desa Manyaran Kecamatan Bnayakan. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur H. Yenrizal Makmur, SP, MM, Ketua TP-PKK Kabupaten Kediri Hj. Rosyida Masykuri, Kepala DP2-KB-P3A Kabupaten Kediri dan seluruh camat se Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur H. Yenrizal Makmur, SP, MM mengatakan berbicara tentang Kampung KB maka tidak terlepas dari visi dan misi Pembangunan Nasional yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong-royong.

pencanangan Kampung KB 3

Kampung KB didesain sebagai rancang bangun bentuk penggarapan program pembangunan secara terpadu dilini lapangan yang melibatkan program pembangunan lintas sectoral terkait dalam Kmpung KB melalui intervensi program dan sinergitas pembangunan lintas sector dengan program KKBPK dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.

Harpannya kami dengan terlaksananya Kampung KB di seluruh wilayah Jawatimur akan terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera, guna turut meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia umumnya dan Jawa Timur khususnya baik di bidang Pendidikan, Ekonomi dan Kesehatan. Tandasnya

Pada akhir acara Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno memukul gong bersama kepala Perwakilan BKKBN Provinsi jawa Timur. Sebelum pemukulan gong dalam sambutannya Bupati Kediri mengatakan, secara teori pembentukan kampung KB ini merupakan salah satu pintu untuk optimalisasi percepatan penggarapan program KB, tetapi kita harus memfokuskan dalam hal menurunkan angka kelahiran.

pencanangan Kampung KB 1Semua camat itu harus tahu daerahnya berapa persen peningkatan angka kelahiran didaerahnya, karena disetiap kecamatan itu ada 1 kampung KB. Ini untuk mendeteksi apakah daerah kita ini sudah baik dalam pelaksanaan programnya, dan kita harus sigap apa yang harus kita lakukan secepatnya.

Kabupaten Kediri persentase tingkat keberhasilan dalam menekan angka kelahiran lebih baik dari tahun yang lalu yaitu tahun 2016 1,6 % dan 1,5 % ditahun 2017. Saya mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Dinas terkait seperti pelayanan KB dengan Metode Operatif Wanita (MOW)  dan sterilisasi agar program Keluarga Berencana bisa berjalan dengan lancar.

Yang menjadi tantangan kita adalah pernikahan dini yang sudah banyak sekali terjadi diwilayah pedesaan karena beberapa faktor. Saya menekankan kepada para ibu yang memiliki bayi harus segera melakukan Imunisasi karena itu sangat penting bagi kesehatan bayi. Saya berharap dengan pencanangan kampung KB ini kehidupan masyarakat lebih sejahtera. Terangnya (Kominfo/lks,fz,tj,wk)