Sabtu, 16 Desember 2017

Medowo Berbenah Tarik Wisatawan Berkunjung.

POTENSI MEDOWO 3

Desa Medowo Kecamatan Kandangan masih tetangga dekat dengan Desa Mlancu Kecamatan Kandangan dimana sama-sama punya potensi buah lokal Durian, tahun 2016 sekitar bulan Februari pernah diadakan pesta tumpeng durian, juga mampu membuat desa ini samudra manusia, mereka datang dari berbagai daerah tidak hanya di Kabupaten Kediri juga luar Kabupaten Kediri ingin menikmati durian Medowo secara gratis.

POTENSI MEDOWO 2

Sebetulnya daerah ini juga banyak sekali obyek wisatanya, tinggal bagaimana memoles desa ini biar bisa menarik wisatawan, apalagi didukung lokasinya desanya memang sangat indah alami, kita berdiri di depan rumah Sekdes Medowo Saningrat, SH tampak terlihat pemandangan yang indah, dipadu dengan langit dan awan yang bergelayut.

Kepala Desa Medowo Sujarwo saat ditemui Tim Peliputan (2/12) di rumahnya mengatakan bahwa banyak sekali potensi yang bisa digali di Desa Medowo, 2 tahun setelah Pesta Dahar Duren diadakan seolah-olah desa ini mati suri, padahal disamping semua sector maju seperti UMKM, Pertanian, Peternakan, Perkebunan juga obyek wisatanya perlu juga diperhatikan.

POTENSI MEDOWO 6

Untuk mencapai Desa Medowo yang letaknya di sebelah Timur Laut dari Pusat Ibukota Kabupaten Kediri berjarak sekitar 50 km, dengan Kantor Kecamatan Kandangan berjarak sekitar 10 km, dengan luas Desa Medowo sekitar 997 Ha, “Desa Medowo terdapat 4 Dusun yaitu Dusun Sidomulyo, Medowo, Sidorejo dan Dusun Ringinagung”. Terangnya.

“Batas wilayah Desa Medowo, bagian sebelah Utara berbatasan dengan Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam – Jombang, sebelah Timur Hatura (Taman Hutan Rakyat) R. Soeryo Provinsi Jawa Timur, wilayah Selatan berbatasan dengan Hutan Negara (KKPH Malang), sebelah Barat berbatasan dengan Desa Banaran dan Desa Mlancu Kecamatan Kandangan”. Kata Sujarwo.

POTENSI MEDOWO 4

Kerukunan umat beragama di Medowo bisa diacungi jempol sangat terbina saling hormat dan menghargai antar umat beragama baik itu Agama Islam, Hindu dan Kristen, dengan jumlah penduduk sekitar 3500 jiwa, dengan mata pencarian terbesar pertanian dan urutan kedua peternakan seperti peternakan sapi perah untuk babon produktif /laktasi ada sekitar 879 ekor dengan hasil susu rata-rata 10.340 liter / hari, dimana susu ini sudah ditampung oleh KUD.

Untuk perkebunan ada sekitar 9.256 pohon durian, bila panen durian seperti saat ini 1 hari bisa menghaslkan rata-rata 2000 buah, sampai dengan bulan Jenuari – Maret, juga penghasil buah manggis ada sekitar 8354 batang pohon manggis, sedang alpokat sekitar 1352 batang yang semuanya produktif berbuah.

POTENSI MEDOWO 1

“hasil pertanian di Medowo terkenak dengan cengkeh sekitar 8256 pohon cengkeh dan saat ini kami juga masih berusaha untuk menambah tanaman cengkeh di sekitar Bukit Gandrung Tanggulasi, juga tanaman kopi ada sekitar 7500 pohon kopi semuanya produktif juga sebagian kami kembangkan berbarengan dengan cengkeh di sekitar jalan menuju Bukit Gandrung” katanya.

POTENSI MEDOWO 9

Obyek wisata di Medowo ada yang namanya Bukit Gandrung Tanggulasi tempat yang tinggi cocok sekali untuk refresing sambil merenung akan keindahan alamnya dan memandang nun jauh disana terlihat daerah malang juga Kabupaten Kediri, ada juga Air Terjun “Sumber Jodo” dan Desa Medowo bisa juga sudah membuat akses jalan untuk menuju ke Air terjun “Tretes” merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur.

“mulai tahun 2016 kami sudah mengembangkan Desa Medowo utamanya di sector wisata seperti lahan untuk tempat Persami / bumi perkemahan bagi Pramuka dekat dengan Bukit Gandrung Tanggulasi kemaren sudah ditinjau oleh Wakil Bupati Kediri Drs.H.Masykuri, MM, Wisata Out Bond, Wisata Petik Buah (buah duRian dan manggis), wisata perah susu sapi, wisata adventure.” Kata Sujarwo dengan bangga

POTENSI MEDOWO 5

“saya berharap Desa Medowo juga sebagai salah satu pilihan dari wisatawan baik untuk berakhir pekan maupun liburan nasional lainnya, untuk bisa menikmati baik obyek wisata, pertanian, perkebunan dan peternakan dengan susu sapi juga susu kambingnya”, imbuh Sujarwo penuh harap. (Kominfo, Yrpd, Tj,Wk) #kedirilagihebat.