Monday, 17 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Data Yang Valid, Tingkatkan Program-Program Desa

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui DPMPD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa) menggelar acara Bimbingan Teknis Profil desa dan Kelurahan. acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 28 sampai 29 Nopember 2017.

bimtek DPMPD 3Acara yang menghadirkan narasumber dari DPMPD provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh para petugas IT desa yang membidangi dan mengelola tentang profil desa. acara tersebut bertempat di Politehnik kota Kediri (29/11)

Kepala DPMPD melalui Kepala Bidang Penguatan Kelembagaan dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Diah Saktiana mengatakan kegiatan ini merupakan update data ke 2 yang dilakukan setahun 2 kali. tujuan diadakan acara ini adalah bisa menyediakan data yang sevalid mungkin dimana data ini yang terdiri dari data potensi dan data data tingkat perkembangan desa.

bimtek DPMPD 1Kemudian data tingkat perkembangan inilah akan berpengaruh pada klasifikasi desa. Ada 3 klasifikasi desa yaitu desa Swadya, swakarya dan desa swasembada. Dari desa ini akan menentukan SOTK (Struktur Organisasi dan Tata Kerja) pemerintah desa. Dari ketiga klasifikasi tersebut yang terendah adalah desa swadaya yang hanya memiliki 2 Kasi dan Kaur. Sedangkan desa swakarsa memiliki 3 Kasi dan 3 Kaur dan desa swasembada wajib memiliki 3 kasi dan 3 kaur.

Harapan kami dengan adanya kegiatan ini desa-desa bisa mampu menyediakan data-data yang sesungguhnya dan ini akan berpengaruh pada program-program yang akan masuk ke desa.

bimtek DPMPD 2Setelah mendapat bimbingan Yogi Petugas IT dari Desa Ngasem Kec. Gurah mengatakan kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan kami yang sekaligus mampu meningkatkan kinerja dalam mengelola profil desa. Dengan bertambahnya kemampuan yang kami miliki, siap untuk meningkatkan kemaujan desa. (kominfo/lks,yda,tj,wk)

banner