Wednesday, 25 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Menggali Potensi Desa Mlancu Kecamatan Kandangan

KDS MLANCU 3

Setiap daerah yang ada di Kabupaten Kediri mempunyai keunggulan atau potensi yang menonjol, seperti yang kita ketahui paling ujung Timur Kabupaten Kediri tepatnya di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan banyak sekali potensi yang menonjol dari hasil pertanian dan perkebunan yaitu Durian Slumbung yang sangat terkenal, Rambutan, Kopi, Pete, Jengkol dan Alpokat.

Kepala Desa Mlancu Moh. Mahfud, SH saat ditemui Tim Peliputan (21/11) mengajak kami ke lahan kebun Rambutan miliknya, mengatakan “dulu kebun rambutan ini milik mantan Kepala Desa Mlancu juga sebagai orang tua saya, mulai tanam rambutan jenis binjey sekitar tahun 1982, 1983, saat itu saya masih sekolah di SMP, jenis ini sangat enak sekali. Terangnya sambil mengupas buah rambutan.

KDS MLANCU 4

Ada sekitar 60 pohon binjay dengan pohon yang tidak terlalu tinggi, kitapun bisa memetik tanpa harus naik, mulai panen dari penanaman sekitar 5 tahun jadi rambutan milik Kepala Desa Mlancu ini bisa menikmati hasil panen sekitar tahun 1988 dan sampai sekarang. Dengan hasil sekali panen sekitar 6 ton.

“ untuk penjualan terbanyak dari Jombang juga untuk supley di Pasar Kandangan bahkan ada juga yang diambil oleh pengepul, dengan harga yang murah 1 kg sekitar 6.000 s/d 10. 000 bisa membawa pulang rambutan binjey” bayangkan sekali panen sekitar 6 ton kalau perkilo kita ambil harga terendah saja hasil dari buha rambutan sekali panen sekitar 36 juta. adapun bibitnya dulu kami dapat dari Blitar,” Katanya.

KDS MLANCU 2

Perlu di ketahui untuk Desa Mlancu ini selain penghasil buah rambutan terbesar di Kabupaten Kediri juga penghasil buah durian yang sangat uenakk, legit dan makk nyusss, rasanya nyekat dilidah, seperti jenang (bubur ketan) lengket di lidah.

Desa Mlancu terdiri dari 5 Dusun yaitu Dusun Slumbung, Dusun Semoyo, Dusun Mlancu, Dusun Kwaringan dan Dusun Celep, dengan jumlah penduduk sekitar 5.500 jiwa dengan rata-rata penduduk bertani dan berkebun juga peternak sapi perah.

Selain hasil perkebunan dan pertanian warga Desa Mlancu juga bisa mengolah hasil dari perkebunan menjadi bahan makanan seperti kripik mbote, kripik pisang dan masih banyak lagi, mereka semua para home industry sudah menjadi binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri juga sering ikut pameran promosi mewakili Kecamatan Kandangan.

KDS MLANCU 1

Batas wilayah Desa Mlancu, sebelah Selatan dan Barat berbatasan dengan Kasembon Kabupaten Jombang, sebelah Timur dengan Desa Medowo Kecamatan Kandangan dan sebelah Utara Desa Banaran juga masuk Kecamatan Kandangan. (Kominfo, Yrpd, Tj, Wk). #kedirilagihebat