Thursday, 26 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Meriahnya Gebyar Seni Budaya Kabupaten Kediri Di TBCD Surabaya

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Gelar Seni Budaya Kabupaten Kediri tahun 2017. Kegiatan ini mengambil tempat di taman budaya cak durasim Kota Surabaya, Jumat (17/11) s/d Sabtu (18/11).

pentas seni SBY 1Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bupati Kediri dr.Hj. Haryanti Sutrisno, Kepala SKPD, warga negara asing, dan para pecinta seni. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Pemprov Jatim.

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno berharap melalui kegiatan ini dapat mengenalkan khasanah seni dan budaya kabupaten Kediri ke tingkat internasional. Secara lebih luas juga mengenalkan potensi kabupaten Kediri mulai pariwisata, produk UKM, dan tawaran peluang investasi bagi investor.

pentas seni SBY 2"Memberi ruang bagi ekspresi para seniman kabupaten Kediri dalam mempromosikan seni budaya asli bumi panji Kediri. Selain itu juga menjadi media pameran produk UMKM dan pariwisata Kabupaten Kediri agar meningkatkan pasar dan kunjungan wisatawan." Jelasnya.

Sekda Provinsi Jawa Timur, .., menyampaikan rasa bangganya bahwa cerita panji sudah diakui sebagai "ingatan dunia" atau memory of the world oleh UNESCO. Harapannya dapat menjadi penambah motivasi seniman kabupaten Kediri dalam mengangkat cerita panji yang merupakan asli berasal Dari Kabupaten Kediri.

"Selamat cerita panji sudah diakui sebagai MOW oleh UNESCO. Semoga menambah kebanggaan bagi kabupaten Kediri sebagai asal mula cerita panji." Jelas pria asal madura tersebut.

pentas seni SBY 4

"Saya juga bangga UKM Kabupaten Kediri mengingkat dengan pesat. Ini tentu kabar bagus mengingat UKM merupakan sektor ekonomi riil yang langsung menggerakan masyarakat dan tahan krisis." Terangnya.

"Tentunya perlu didukung masyarakat agar juga membeeli produk UKM teraebut. Secara kualitas saya tadi melihat berkuakitas dan mampu bersaing bahkan lebih unggul." Tambahnya.

"Misal tahu ndak usah beli tahu sumedang, cukup tahu Kediri saja lebih enak dan bersih Karena kita tahu kualitas sumber air di Kediri bagus Dan banyak." Tandas pria berkacamata ini.

pentas seni SBY 3Dalam pengamatan Tim Kominfo di lokasi, kendati dalam kondisi hujan deras tidak menyurutkan animo para pengunjung mendatangi taman budaya cak durasim Surabaya. Terlihat, area joglo yang merupakan tempat pentas pertunjukan kursi undangab terisi penuh. Beberapa pengunjung yang lain nekat berdiri sejak awal hingga pentas berakhir.

Lakon yang dipentaskan adalah cerita Adipati Panjer yang dikisahkan sebagai awal mula adanya sumber ubalan yang kini dikenal sebagai Obyek Wisata eksotis di Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Menjadi menarik dalam acara tersebut, pada akhir acara dilaksanakan pengundian Doorprize hadiah oleh Bupati Kediri dan Sekda Provinsi Jawa Timur. (Kominfo/yda,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh