Monday, 24 September 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kembang Kenanga Icon SMPN 1 Gurah, Menuju Adiwiyata Nasional.

SMP1 GURAH 8

“Sekolah sehat tempatnya orang hebat, Menjaga kebersihan lingkungan sekolah demi generasi masa depan yang cerah, Kesehatan tidak akan diperoleh tanpa menjaga kebersihan, Lingkungan sekolah indah jika tanpa sampah apa lagi didukung siswa cerdas pasti buang sampah pada tempatnya. Mari kita budayakan lingkungan sekolah bersih dan tanpa sampah,Wujudkan sekolah hijau dengan mengelola sampah agar bermanfaat” Ajak Plt. Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri Mustika Prayitna Adi, S.Sos, MM.

SMP1 GURAH 1

Mustika menyampaikan ajakan hidup bersih,sehat dan hijau pada acara Visitasi Adiwiyata Nasional Tahun 2017 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia, di SMPN 1 Gurah Kecamatan Gurah dengan Tim yang sama setelah dari SMPN 2 Gurah ke SMPN 1 Gurah Yaitu Nurul Jannah dan Citra Windi Yansen dari KLHK.

Kepala UPTD SMPN 1 Gurah Dra. Wiwik Suharti, M.Pd dalam paparannya mengatakan bahwa SMPN 1 Gurah memang banyak sekali prestasinya sampai dengan Visitasi Adiwiyata. “andalan SMPN 1 Gurah yaitu tenaman kenanga, sebetulnya ada 3 icon yang kami ajukan yaitu ikan lele, nanas dan kenanga”.

SMP1 GURAH 2

“Pohon kenanga sejumlah bapak dan ibu guru ditambah dengan kelas sekitar 70 lebih, dan sudah diproduksi menjadi minyak, minyak pijat, sabun, aroma terapi berupa lilin yang semuanya kami buat dari kenanga dan sekarang ditambah lagi dengan sabun sirih Insya Allah baunya wangi” Promosi Wiwik.

Walaupun hujan mengguyur di Kabupaten Kediri juga di SMPN 1 Gurah tetapi semangat untuk bisa meraih Adiwiyata Nasional sungguh sangat luar biasa sekali, bisa dilihat pameran hasil olahan masing-masing pokja sebanyak 23 pokja, salah satunya pojka kebun atau predator alami (angkrang) kami ternakan atau produksi angkrang sebagai pakan burung.

SMP1 GURAH 3

“kami tidak menjual, karena sekolah kita bukan untuk menjual tetapi unuk memberi wacana pada anak-anak, karena seseorang tidak harus cerdas secara akademik, tapi juga cerdas secara kinetic maupun sosial. Kita bekali anak-anak dengan jiwa yang tangguh sejak SMP sehingga mereka nanti bisa mandiri dengan beriwausaha dan menciptakan lapangan kerja.” Katanya disambut tepuk tangan.

Tim Visitasi Adiwiyata Nasional pasangan Nurul dan Yansen yang bisa menghidupkan suasana ditengah-tengah guyuran hujan dengan guraoannya yang ramah dan kocak, menyampaikan ucapan terimakasih karena sudah menunggu sampai dengan sore. “kemungkinan kita nanti bisa sampai malam, karena ada 23 Pokja yang harus kita lihat.” guraunya.

SMP1 GURAH 6

“Semoga SMPN 1 Gurah bisa menjadi lini atau contoh dibidangnya, seperti apa yang sudah disampaikan Bapak Mustika kedepannya bisa menjadi pembelajaran untuk sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kediri” Harap Nurul.

Acara dilanjutkan dengan melihat hasil olehan atau hasil produksi dari masing-masing pokja dan melihat tanaman kenanga yang ditata rapi di sepanjang mulai dari pintu masuk, depan kantor dan kelas juga ada tempat khusus untuk menanam kenanga. Melihat ruang yang tidak terlalu luas ternaya SMPN 1 Gurah mampu membuat Sekolahan hijau, bersih, indah dan nyaman. “Jadikan Sekolahmu Hijau karena sekolah adalah rumah kita”. Kata Nurul memberi semangat.

SMP1 GURAH 5

Setelah selesai dan puas tinjau lapang, termasuk bedah dokumen kesimpulan akhir untuk menjadikan SMPN 1 Gurah sebagai SMPN Kenanga, ini sangat luar biasa sekali, apalagi didukung dari Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup, supaya bisa memberikan tanaman kenanga di masyarakat sekitar sekolahan.

“Bila perlu bekerjasama dengan pihak Desa, supaya kenanga bisa menjadi icon bukan hanya untuk SMPN 1 Gurah saja tapi juga Desa Gurah bisa merasakan hasil dari tenaman kenanga dan manfaat dari olahan kembang kenanga’’ kata Mustika yang siap membantu penataan tanaman kenanga yang akan ditanam disepanjang jalan jalur protocol SMPN 1 Gurah juga masuk wilayah Desa Gurah.

SMP1 GURAH 7

Acara ditutup dengan pemberian Cindra mata berupa olahan dari kembang kenanga juga lukisan hasil karya anak-anak SMPN 1 Gurah kepada Tim Visitasi Adiwiyata Nasional (KLHK) Tahun 2017. (Kominfo, Yrpd, Fz, Tj,Wk).

Add comment


Security code
Refresh

banner