Tuesday, 25 September 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Markisa, Batik Tulis Andalan SMPN 2 Gurah Untuk Lolos Adiwiyata Nasional.

DIWIYATA GURAH 2 10

Program Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia ini merupakan program yang sangat potensi menumbuhkan kesadaran mengenai perlindungan lingkungan hidup utamanya disekolah-sekolah yang ada di Indonesia, termasuk di Kabupaten Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri telah mengadakan Visitasi Adiwiyata Nasional Tahun 2017.

Ada 3 SMPN yaitu SMPN 1 Ngasem yang kemaren sudah mendapat Kunjungan dari Tim Visitasi Adiwiyata Nasional, SMPN 1 Gurah dan SMPN 2 Gurah jadi untuk hari ini (16/11) kita kupas dan ikuti Tim Visitasi di SMPN 2 Gurah yang mengambil ikon dari Markisa. Selain markisa sebetulnya juga ada bligo, batik tulis, olahan daur ulang sampah dan masih banyak lagi.

DIWIYATA GURAH 2 6

Terlihat dari seragam yang digunakan mulai dari Kepala Sekolah, guru pendidik sampai dengan siswa dan siswinya menggunakan batik khas buatan anak-anak SMPN 2 Gurah, begitu Tim Visitasi Adiwiyata Nasional tiba disambut dengan memberikan selendang atau syall batik buatan SMPN 2 Gurah.

Dengan penuh semangat yel-yel Adiwiyata dikumandangkan baik oleh duta duta lingkungan yang lebih uniknya Kepala UPTD SMPN 2 Gurah Dra. Wahyu Widyaningsih, M.Si dengan lantang meneriakan “Guneda” Is The Best sambut anak-anak dan para guru dengan kompak, sambil mengacungkan jempol.

DIWIYATA GURAH 2 3

Sebagai Ketua Tim Visitasi Adiwiyata Nasional Nurul Jannah dan Citra Windi Yansen dari KLHK didampingi Kabid Pertamanan Putut Agung Subekti, SE, MM dengan ramah, penuh humor membuat suasana menjadi akrab dan penuh kekeluargaan, mengatakan kami datang ke Kabupaten Kediri karena mendapat mandat dan tugas dari Bapak Menteri KLHK untuk mencocokan atau memferifikasikan dari data yang sudah dikirim dengan kenyataan yang ada dilapangan untuk bisa meraih Adiwiyata Nasional.

“ Kami berharap dengan adanya Adiwiyata ini, sangat memiliki dampak terhadap sekolah yang mendapatkan gelar Adiwiyata tersebut, antara lain adalah,Sekolah dapat lebih berperan aktif dalam menciptakan kawasan yang peduli dengan lingkungan, sekolah bisa menciptakan siswa - siswa yang sadar akan lingkungan, Sekolah bisa berperan dalam semua kegiatan dalam rangka mengurangi global warming dan Sekolah bisa menjadi sarana penyalur pendidikan lingkungan secara praktek langsung, kata Nurul begitu biasa dipanggil.

DIWIYATA GURAH 2 7

Kepala UPTD SMPN 2 Gurah Dra. Wahyu Widyaningsih, M.Si menyampaikan paparan sekaligus promosi tentang potensi dan produk unggulan yang ada di SMPN 2 Gurah. “untuk menciptakan lingkungan yang hijau, bersih dan sehat, kami dibantu dengan para guru pembimbing dan juga siswa dan siswi, dan saya merasa bangga bisa mewakili Kabupaten Kediri menjadi salah satu pilihan untuk mendapat kategori Adiwiyata Nasional”. Terang Wahyu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri Mustika Prayitno Adi, S.Sos, MM melalui Kabid Pertamanan Putut Agung Subekti, SE, MM mengatakan “kami sangat berterimakasih sekali utamanya kepada sekolah-sekolah yang sudah menjadi titik pantau Adiwiyata Nasional dari Kementrian KLHK Indonesia” dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi tolak ukur dan juga memotivasi sekolah-sekolah yang lainnya yang ada di Kabupaten Kediri supaya bisa juga menjadi pilihan dalam meraih Adiwiyata.

DIWIYATA GURAH 2 4

Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup selalu memberikan sosialisasi kepada sekolah-sekolah supaya bisa menjalankan program Adiwiyata. Tidak hanya berhenti disitu saja selanjutnya. “Dengan adanya Program Adiwiyata di sekolah-sekolah diharapkan anak bangsa menjadi berbudaya dan berwawasan lingkungan.” Jelas Putut.

Acara dilanjutkan dengan berkeliling ke pokja-pokja Lingkungan atau tinjau lapang untuk melihat bagaimana hasil dari setiap pokja untuk menarik perhatian Tim Visitasi Adiwiyata Nasional, yang dipandu duta-duta lingkungan bahkan Tim Visitasipun ikut mempraktekkan bagaimana cara menyanting atau membuat batik.

DIWIYATA GURAH 2 5

Yansen begitu bisa disapa dengan guyonan sersan (serius tapi santai) selalu menyapa petugas pokja disetiap titik pantau dengan ramah dan senyuman kadang juga memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait kerja masing-masing pokja dan manfaat bagi lingkungan dan pelajaran apasaja yang bisa berhubungan dengan lingkungan. Ternyata hampir semua mata pelajaran sekolah bisa berhubungan dengan lingkungan.

DIWIYATA GURAH 2 9

Keunikan lain dari SMPN 2 Gurah yaitu adanya seorang bidang yang mengkoordinir di Pokja UKS, disini anak-anak bisa mendapat pelajaran memeriksa pasien, karena sehat itu dimulai dari diri sendiri, setelah selesai dan puas melihat dan memeriksa titik pantau juga bedah dokumen, hasil akhir kesimpulan dari Tim Visitasi Adiwiyata dibacakan dan dibahas, semuanya untuk menambah poin untuk kemajuan sekolahan menuju kearah yang lebih baik lagi. (Kominfo, Yrpd, Fz, Tj,Wk)

Comments   

 
0 #1 Èty setyo 2017-11-17 21:34
GUNEDA IS THE BEST
Bisa datang dan lihat dan berkunjung
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

banner