Senin, 19 Februari 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2017, Perkokoh Persatuan Membangun Negeri

"Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia."

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya."

"Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka"

"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuangamu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri". "Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah"

Itulah salah satu dari beberapa kata mutiara atau pesan dari Presiden RI yang pertama Ir. Soekarno.

upacara 10 november 2Hari Pahlawan yang jatuh 10 November kembali diperingati. Tahun ini mengangkat tema 'Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri'. Dengan harapan, momentum peringatan tahun ini bisa membuat semakin bersatu padu membangun negeri.

Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Canda Birawa Pare (10/11). Pada upacara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kediri dan diikuti oleh para pelajar mulai dari SD hingga Perguruan tinggi dan para TNI Polri serta PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Kediri.

upacara 10 november 1Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Kediri, dr.Hj.Haryanti Sutrisno. Dalam sambutannya membacakan amanat dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang menyampaikan dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk keindonesiaan, kita dapat mengambil pelajaran dari api perjuangan para pendahulu kita, api yang menjadi pelajaran moral bagi kita semua.

yakni api yang membentuk terbangunnya persatuan Indonesa yang terdiri dari dua hal, yakni adanya harapan dan pengorbanan! Harapan dan pengorbanan itulah yang membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa-bangsa, dan harus terus dinyalakan agar republik Indonesia tetap berdiri tegak, menjadi besar dan terus memberi sumbangan penting sebagai bagian dari persaudaraan umat manusia di dunia.” jelasnya.

upacara 10 november 3Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik telah ditambatkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden H.M. Jusuf Kalla melalui visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen republik indonesia yakni: "Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong." Terangnya.

Selanjutnya dipaparkan dalam sambutan Mensos, dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut nawa cita. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah; ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip pancasila dan undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945.

upacara 10 november 4Pada kesempatan yang baik ini, kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus berjuang, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. Selamat hari pahlawan tahun 2017.” Tegasnya

Sebagai informasi, usai upacara Hari Pahlawan dilakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pare. Selanjutnya dilaksanakan resepsi peringatan hari pahlawan bersama dengan Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan ratusan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) cabang kediri di gedung serba guna kelurahan pare. (Kominfo/lks,yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh