Saturday, 21 July 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kediri Periode 2016-2021

Bertempat di Pendopo Kabupaten Kediri, Selasa (7/11) dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kediri Masa Bakti 2016-2021 oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. Sebanyak 465 orang karang taruna se-Kabupaten Kediri dengan khidmat mengikuti prosesi pengukuhan hingga usai. Hadir pula di antara mereka, para Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Kediri.

karang 1

“Selamat kepada para pengurus Karang Taruna yang telah dikukuhkan. Saya percaya saudara-saudara bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab,” kata Bupati Kediri mengawali sambutannya. Meski dikukuhkan Bupati, para pengurus ini adalah pilihan dari Karang Taruna sendiri. Oleh karenanya Bupati Kediri berharap mereka dapat memberikan kerja dan karya terbaik selama mengemban amanah yang telah dipercayakan.

Menyinggung pesan dari Presiden Jokowi, Bupati Kediri menyampaikan bahwa salah satu bidang yang bisa dikembangkan oleh Karang Taruna adalah pertanian. “Saat ini produk pertanian organik seperti beras organik, buah dan sayur organik sangat diminati, baik oleh bangsa kita sendiri maupun dari luar negeri. Kalau berkecimpung di pertanian untuk usaha ini, insha Allah menguntungkan. Banyak pula tanaman seperti kakau, kopi dan pala yang punya potensi untuk diekspor,” terang dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

karang 3

Menurut Bupati Kediri, Karang Taruna adalah wadah dimana anggotanya berada pada usia produktif. Banyak hal bisa dikembangkan di organisasi kepemudaan ini sebagai salah satu upaya menciptakan lapangan pekerjaan, sekaligus mengurangi pengangguran. Beliau pun mencontohkan seorang pemuda yang meski bergelar sarjana, ia memilih berwirausaha dengan mengembangkan sayur organik melalui metode hidroponik. Kemandirian, kreatif dan inovatif inilah yang diharapkan ada pada diri anggota Karang Taruna.

“Semoga seluruh pengurus Karang Taruna bisa mengemban tugas dengan baik. Yang muda-muda silahkan belajar kepada senior, yang senior bisa menularkan ilmu dan pengalaman kepada adik-adiknya,” kata Bupati Kediri.

karang 2

Di tempat yang sama, Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Rahmadi Yogiantoro, ST. mengungkapkan pengukuhan menjadi semangat bagi para pengurus untuk lebih maksimal daripada periode sebelumnya. “Kami adalah mitra pemerintah daerah di bidang sosial. Tentunya kami juga akan turun ke desa-desa agar Karang Taruna sebagai organisasi sosial dapat berjalan sesuai visi misi organisasi,” ujarnya.

Para pengurus Karang Taruna dikukuhkan berdasarkan Keputusan Bupati Kediri No. 188.45/415/418.08/2017 tentang penetapan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kediri Periode Tahun 2016-2021. Selama kurun waktu lima tahun kedepan, para pengurus mempunyai tugas bersama pemerintah daerah/masyarakat menyelenggarakan pembinaan terhadap generasi muda, dan berpartisipasi dalam usaha-usaha di bidang kesejahteraan sosial. Mereka juga bertugas melaporkan pelaksanaan kegiatan-kegiatan kepada Bupati melalui Kepala Dinas Sosial. (Kominfo/tee, fz, tj, wk)

banner